ketika mobil mengalah

Sudah waktunya..pukul 3 sore tepat jam sahabat kota versi jam dinding rumah jalan dipatiukur 65 paviliun. Sekumpulan pemuda dengan antusias berkumpul di teras depan rumah tersebut, gaya mereka santai, siap tempur.

Sekumpulan? Berapa orang sih? Ah..baru 6 orang saja, apa ramenya kalau kita bermain lari-larian hanya dengan 6 orang saja? Memang teman-teman sahabat kota memiliki standar ketepatan waktu yang berbeda-beda..selain sibuk kuliah dan bekerja…ada saja yang menganggap jarkom untuk berkumpul jam3 sebagai jarkom untuk berkumpul jam 3.30 atau 4.00. ih seperti IP saja ya penulisan angkanya.

Setelah 3 orang datang..(2 diantaranya meminta maaf karena merasa tidak enak telah ditunggu oleh teman-teman yang lain), semua orang bergegas menuju jalan didekat bakmi jowo..ah aku lupa nama jalan itu. Yang jelas kami semua bergerak menuju tempat saya, wulan dan icak membuat pika-pika di malam hari. Ya..seperti kata aso, spot jalan tersebut dapat memberikan sensasi seperti bermain di dalam komplek perumahan, karena relatif sepi, tetapi masih sesekali dilewati mobil.

Benar-benar mengingatkan saya pada masa kecil yang sangat indah dan gembira…bermain boy-boyan dan semua permainan outdoor apapun..yang bisa saya dan teman-teman mainkan..hampir setiap sore.bahkan mengalahkan pamor mengaji rutin di komplek.

Omong-omong soal mengalahkan…keceriaan kami sore itu mengalahkan gerimis yang datang saat kami bermain boy-boyan..banyak hal yang saling mengalahkan..diantaranya keasikan bermain galah asin juga mengalahkan dahaga yang muncul…mengalahkan rasa sesal para sahabat kota yang lupa dan hirau akan himbauan membawa bekal minum..

Semangat sportivitas para sahabat kota mengalahkan rasa saling ingin mengalahkan satu sama lain…ketika aku terkejar dan tertangkap oleh fajar yang berlari dengan kencang..aku menyerahkan diri..untuk ditawan kelompok lawan..yeah..bebaskan aku teman-teman..! bahkan ketika aso terguling saat jumpalitan menghindari lemparan bola dari icak…lecet yang timbul…dikalahkan oleh tawa ceria dan gemuruh ejekan bersahabat dari teman-teman yang lain…

Woi…mobil lewat…mobil lewat..permainan terhenti sementara…semua pemain dengan tertib berdiri di pinggir dua sisi jalan..pengendara mobil melihat keceriaan yang tertunda di muka para pemain permainan tradisional..sehingga ..merasa tidak enak dan segera mempercepat laju mobilnya agar permainan bisa dilanjutkan kembali…ada juga beberapa mobil yang dari jauh telah memutuskan untuk tidak melewati ruas jalan yang kami tempati untuk bermain..ya..mobil memang sesekali harus mengalah..untuk sebuah potongan keceriaan yang tak ternilai.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: