Aktivitas Sahabat Kota, Sisa ramadahan dan sisa september

Bagi yang mau mudik , mending mudiknya sabtu tanggal 19 aja. kenapa ?

1. Rabu belajar Sahabat kota 16 September 2009: menari bali bersama belasan adik dari komunitas bintang dan kak mita, ngebahas juga tarian bali secara general (jenis, filosofi dll). dilanjutkan dengan nemenin adik2 dari komunitas bintang wastu kencana untuk nonton layar tancep di rumah buku sambil buka bareng

LANGSUNG DATENG AJA Ke RUMAH BUKU Jalan Hegarmanah no 52 tanggal 16 September 2009 Jam 3 Teng….bawa Ta’jil! pake baju yang enak buat gerak2… ingat..terbuka untuk semua gender! yeah!!

Harap kontak2 ke Mita 0815 1620 315

2. Dark Sensation yang diundur akibat aktivitas emergency response ke desa Gambung : Taraweh, i tikaf dan sahur bersama. make sepedah : start dari Dipatiukur 65 Pav, setelah pada buka masing2. tanggal 18 September 2009 . bisa sewa sepedah (alias kencleng)
Harap kontak2 ke Asho : 0817 0222 0 88 atau agni 0856 599 17 921

3. Kumpul lagi ngobrolin aktivitas seputar bantuan gempa (tentative)
akan ada aktivitas lanjutan di Gambung (edukasi dan support fasilitas anak) serta pangalengan (drop bantuan untuk anak) . aktivitas akan berkisar penentuan program, pembelanjaan barang dan pendataan dan eksekusi program serta drop bantuan.

Kontak : kandi 0856 216 51 66

4. Sepedah bike messenger (tentative)

Bottom of Form

Penggalangan Bantuan untuk Anak2 Korban Gempa Ciwidey

Share

Tuesday, 08 September 2009 at 23:15

Teman-teman, Komunitas Sahabat Kota sedang menggalang bantuan untuk anak-anak korban gempa di Gambung, Ciwidey. Berikut ini laporan salah satu relawan kami, Ismail Agung, tentang kondisi di sana.

Lokasi bencana adalah Kampung Gambung, Desa Mekarsari. Dari 13 RW di desa tersebut, 9 di antaranya terkena kerusakan parah. Data kerusakan:
– 78 rumah ambruk
-120 rumah rusak berat
– 356 rumah rusak ringan

Hingga saat ini telah didirikan posko bantuan di 19 titik, 6 berupa posko besar yaitu:

1. Lapang bola (didirikan oleh Rumah Pintar)
2. Kalingtem
3. Percobaan
4. Baru Tunggul
5. Wisma Aloy
6. Ciburial

Posko-posko ini masih membutuhkan banyak relawan. Hingga saat ini ada kurang-lebih 10 relawan dari UNISBA, dan 5 relawan independen.

Jumlah anak yang terkena dampak masih terus didata, diperkirakan ada 600 anak dan tersebar di daerah-daerah yang lumayan jauh.

Kondisi anak-anak, sebagian di antaranya trauma tinggi (menderita tekanan lambung, takut terhadap bangunan, emosi tak stabil), banyak yang tidak bisa sekolah karena sekolahnya rusak. Guru juga belum dapat melakanakan kegiatan belajar-mengajar karena masih trauma, rumahnya ambruk, dll. Relawan-relawan di sana sudah mulai mengadakan kegiatan traume relief dengan mengajak anak-anak bermain & berkegiatan, tapi masih terbatas jumlah relawan yang sedikit, juga kekurangan alat-bahan.

Kebutuhan posko-posko (berdasarkan laporan Agung):
– Alat bahan prakarya seperti gunting, lem, kertas warna, krayon, kertas untuk menggambar, dll
– Mainan (bola, boneka, permainan papan, dsb)
– Perlengkapan belajar (buku tulis, alat tulis)
– Buku cerita

Kalau teman-teman punya benda-benda di atas dan sudah tidak terpakai, kami akan dengan senang hati menyalurkannya ke mereka. Bantuan berupa uang juga akan sangat berguna, dan akan kami belikan kekurangan barang-barang tersebut. Bantuan berupa barang dapat disalurkan ke rumah Nur, Jl. Banda no 11B. Untuk bantuan berupa uang, silakan langsung menghubungi Kandi (no: 0856 216 5166)

Team Komunitas Sahabat Kota akan berangkat ke Gambung hari Minggu (13 September, pulang-pergi) sambil membawa barang-barang yang sudah terkumpul. Kami juga akan mengadakan beberapa kegiatan bermain dengan anak-anak di sana. Teman-teman yang ingin ikut menjadi relawan, sangat diterima, silakan menghubungi Kandi (nomer HP: 0856 216 5166) untuk info lebih jauh.

Terima kasih atas partisipasinya.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: