mobil murah?

– buat apa pajak mahal padahal jalanan banyak yang rusak?
+ pajaknya perlu buat bayar utang negara.

– utang buat apa?
+ buat membangun jalan, jalan layang, dan infrastruktur lainnya.

– utang ke siapa?
+ ke JICA (http://www.jica.go.jp/english/about/)

– kenapa JICA mau ngasih “bantuan”?
+ supaya transportasi lancar, industri maju, masyarakat sejahtera.

– untuk apa JICA mikirin kesejahteraan masyarakat dan kemajuan industri kita?
+ supaya produk (otomotif) buatan jepang diproduksi lebih banyak dan makin laris karena masyarakat terdorong oleh jalanan bagus, daya beli meningkat, dan ketersediaan mobil murah…

– tapi Astra (TAM) kan milik orang indonesia..??!!
+ silakan cek ini:
http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Astra_Motor
http://id.wikipedia.org/wiki/Astra_International

– yang bekerja juga orang indonesia, jadi semakin besar penyerapan tenaga kerja, semakin besar kesempatan orang indonesia untuk maju dan sejahtera..?
+ memang, itu betul, dan semakin sejahtera pula pemilik saham dan pemegang merk.

– mengapa bisa?
+ indonesia juga pasar yang besar dan populer, khususnya untuk jepang indonesia lebih bernilai daripada china yang masyarakatnya lebih banyak tapi proteksi thd perusahaan jepang minim sekali dgn ketersediaan mobil murah buatan industri asli milik china.

– apa bedanya kalau begitu dengan kebijakan pengembangan industri mobil murah di china?
+ di china industri mobil murah dimiliki oleh orang/warga negara china, pekerja 100% orang china. Di indonesia, siapa yang punya pengalaman membangun industri mobil murah?
Apa orang indonesia cukup percaya kalau dibilang mobil murah buatan 100% orang indonesia?
Apa orang indonesia berani start dari 0 utk membangun industri mobil murah dalam skala menengah/besar sementara kebijakan dan kondisi politik amat berpengaruh pada ekonomi dan perindustrian?

– lalu?
+ ya, hanya yang sudah punya industri utama saja yang akan berani terlibat dalam pembuatan mobil murah ini. Seandainya ini (industri mobil murah) gagal, kerugiannya masih bisa sedikit tercover dari keuntungan dia di usaha utamanya baik industri mobil besar atau industri besar lainnya.

– jadi yang potensial terlibat akan menjadikan industri mobil murah ini sbg “industri sampingan”..?
+ yah, semacam itu lah, setidaknya punya saham. Kalao mereka terlibat nama industri mobilnya akan maju, market indonesia akan termakan ucapan bahwa “ini = merk mobil yang sudah lama edar di indonesia”, jadi kemungkinan produk untuk diserap pasar makin besar

– jadi, apa yang mesti kita lakukan? apa yang mesti masyarakat dorong atau koreksi pada pemerintah?
+ berharap saja untuk bisa makan, punya rumah, bisa menyekolahkan anak, dan syukur-syukur kalau ada transportasi umum yang lebih baik dari sekarang tapi dengan harga murah.

– apakah itu (transportasi umum yang lebih baik dari sekarang tapi dengan harga murah) bisa terjadi?
+ ….

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?p=140145875#post140145875
diedit seperlunya oleh admin ksk.
selamat menyimak..

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: