Pengalaman Bergaya hidup Frugal (share dari rabu belajar sahabat kota)

Gaya hidup frugal itu intinya gaya hidup kita dalam rangka mengurangi beban kita terhadap bumi. Suatu gaya hidup dimana kita bijak menggunakan semua yang ada dalam hidup kita, baik barang dan jasa, dengan mengoptimalkan apa yang ada untuk mencapai tujuan jangka panjang.

selebihnya bisa dibaca dulu di :
http://www.facebook.com/notes.php?id=536563158#!/note.php?note_id=234191724047
http://sejukbumi.blogspot.com/2010/01/repost-frugality.html
(postingan seterhen akbar , menyusul tentang hasil diskusi rabu belajar 17 februari 2010)

Hari ini 17 Februari 2010, Sahabat Kota mengadakan acara Rabu Belajar bertemakan gaya hidup Frugal,
informasi yang padat mengenai gaya hidup frugal dapat dilihat dalam 3 link diatas, tapi perkenankan saya untuk sharing pengalaman serunya berbagi bersama mengenai gaya hidup frugal di rabu belajar hari ini: (maaf panjang ,hehe).

Bukan suatu yang UTOPIA
Gaya hidup frugal bukan merupakan konsep yang sangat berat dan utopis , bukan juga konsep yang abstrak. tetapi justru dapat kita temui dalam keseharian , gerakannya telah meluas di seantero dunia. Dari mulai film the story of the stuff, elevent hour, hingga banyak film di youtube mengenai frugal.

Bukan sesuatu yang MENYERAMKAN
Gaya hidup frugal adalah gaya hidup yang cerdas dan sederhana, sangat dekat dalam keseharian, dan bahkan sehari-hari telah kita praktekkan.ga seseram idealisme go green atau idealisme lainnya.
Tidur dalam keadaan gelap, mematikan kran saat sedang menyikat gigi, menggunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman, membawa bekal untuk mengurangi foodmiles dan konsumsi berlebih, memasak makanan dengan cepat untuk mengurangi penggunaan energi dan mencegah hilangnya zat2 penting. dan banyaaaaaaaakkk lagi.

NOT JUST GO GREEN
penerapan gaya hidup frugal secara komperhensif menyapu semua lini kehidupan, mulai dari sosial, ekonomi , lingkungan, politik dll. jadi sekalinya kita-kita membuat pilihan beraktivitas, kita tahu konsekuensinya bagi kehidupan kita dan bumi. ketika go green, mungkin kita akan sibuk dengan acara penaman pohon (yang seringkali lupa dipelihara), atau fun bike (yang justru membuat macet dan meningkatkan polusi), dan serangkaian aktivitas seremoni hijau2an lainnya.

tapi dengan frugal, kita juga bisa memilih dan tau benar apa yang kita lakukan dampaknya bagi lingkungan, bersepeda secara konsisten ke tempat kerja dampak frugalnya akan lebih terasa, dari segi ekonomi (ongkos), kesehatan, penggunaan sumberdaya, hingga budaya (saling menyapa pengguna sepeda di jalan , dll)

ketika kita memilih untuk menyirami pohon dan tanaman disekitar rumah kita dengan air cucian beras yang biasanya kita buang, maka kita telah berkontribusi konkrit untuk memelihara pohon setiap harinya dan memberi makan mikroorganisme disekitar rumah kita yang berperan dalam ekologi alam.

ketika kita melihat lemari kita dan menyadari bahwa baju yang kita miliki lebih dari cukup, tentunya kita tidak akan repot2 menggunakan sumberdaya baru untuk membuat kaos untuk kampanye ramah lingkungan di suatu event go green.berapa tinta screen kaos, screen kaos, dan energi yang digunakan untuk mengolah bahan kaos. itu hal2 yang lebih diperhatikan dalam frugal.

MENEMUKAN frugal itu MUDAH
sekali lagi, sebenarnya gaya hidup kita sehari-hari juga sudah ada yang frugal, seperti memilih naik angkot dibanding mobil pribadi untuk mengurangi konsumsi BBM dan mendapatkan bonus interaksi sosial di angkot. Atau juga bersepeda ke tempat kerja setiap hari, juga mengutamakan menggunakan laptop untuk kerja komputer ringan dibandingkan PC.
Hanya saja kita tidak menyadarinya dan belum mengoptimalkannya, setelah temen-temen baca bahan2 tentang frugal diharapkan kita semua bisa lebih mengidentifikasi frugal dalam keseharian dan mengoptimalkan serta memperkaya keseharian kita dengan frugal.

REALISTIS dan SMART bukan PELIT dan SENGSARA
seringkali orang yang menerapkan gaya hidup frugal dianggap orang idealis atau orang yang kere dan sedang berhemat setengah mati.
pada kenyataannya dapat dilihat di film youtube tentang keluarga frugal di amerika yang berhasil menghemat 90% belanja keluarga akibat menerapkan gaya hidup frugal. akan tetapi bukan berarti itu karena kere atau idealis semata. ini realistis dan indah : bagaimana keluarga tersebut mengurangi konsumsi berlebihan di restoran dan memilih masak bersama makanan sehat di rumah, bagaimana mengganti cemilan dengan foodmiles panjang dan berharga mahal diganti dengan cemilan sehat tetap enak semacam buah2an dikombinasi dengan makanan lain. dll.

bukan individual, tapi KOLEKTIF
Hanya satu orang atau segelintir keluarga menerapkan gaya hidup frugal, dampaknya hanya seperti tetesan embun di pagi hari saja, semakin banyak orang melakukan gaya hidup frugal, dampak terhadap keberlanjutan bumi semakin nyata. penurunan penggunaan energi, penghematan uang dan pemakaian sumberdaya alam, dan lainnya. itulah salah satu alasan mengapa sahabat kota mengangkat tema ini dan menuliskan postingan mengenai frugal.

CONTOH KOLEKTIV ANTI FRUGAL. ketika semua orang secara kolektif berpikir menggunakan motor adalah transportasi yang murah dan konsumsi energinya rendah, yang terjadi adalah kesemerawutan lalu lintas (yang meningkatkan polusi) ,rangkaian perilaku ugal2an yang menghabiskan energi, ribuan toko aksesoris motor yang bermunculan dan membuat konsumerisme serta menghabiskan sumber alam juga, matinya angkot sebagai sarana transportasi yang seharusnya bisa murah kalau semua orang naik angkot,coba tengok konsumsi bbm di pom bensin saat ini mungkin untuk motor dan mobil sebenarnya juga tidak jauh berbeda kalau dirata-ratakan dan seabreg dampak sistemik lainnya.

CONTOH FRUGAL KOLEKTIF : ketika banyak orang tidak hanya berkampanye sepedah setiap acara funbike saja , dan tidak menjadikannya sekedar hobi mingguan, akan tetapi secara kolektif berkomitmen bersepeda ke tempat beraktivitas sehari-hari,maka akan terjadi banji sepeda di jalan. Dengan sendirinya orang-orang yang kantornya relatif dekat juga akan tergerak untuk bersepeda, permintaan sepeda yang meningkat juga dapat menghidupi orang dengan manufaktur sepeda yang meningkat. jelas konsumsi BBM menurun, kota lebih segar. bersepeda secara kolektif ke tempat kerja juga mengurangi kekhawatiran terserempet mobil / motor dan justru lebih mudah menginspirasi orang untuk ikut bersepda. Ketika semua orang bisa menemukan nikmatnya berjalan kaki dan naik angkot, tentunya orang akan lebih mau mengatur waktu untuk lebih tepat waktu, berangkat lebih awal, mengurangi konsumsi energi, melestarikan publik transport.
(ini hanya contoh, frugal kolekfit tidak hanya di isu tranportasi saja).

PESAN TERPENTING YANG SAYA DAPAT DARI FRUGAL
ada barang yang diciptakan memang sesuai kebutuhan
ada barang yang diciptakan untuk dibuat menjadi kebutuhan, yang ini yang serem. karena sumberdaya alam kita banyak terbuang untuk kepentingan2 yang dibuat jadi penting oleh konsumen itu sendiri.

Hobi , apalagi makan dan gadget adalah salah satu contoh anti frugal. spesifikasi sepeda tidak akan pernah cukup, selalu ganti baru padahal dipakai seminggu sekali keliling komplek. ganti2 laptop padahal laptop sekarang masih cukup untuk kerjaan yang ada. Trend blackberry yang menguras kantong, padahal menambah pengeluaran bulanan, jadi keranjingan fb, padahal sehari2 bisa dipenuhi oleh speedy di rumah atau di warnet.

semua barang yang kita gunakan untuk beraktivtas, pada penciptaannya mempunyai konsekuensi pada keberlanjutan sumberdaya alam di bumi.

SO…. PLISS. pesannya sekali lagi adalah:
gaya hidup frugal ada dalam keseharian dan budaya kita, tinggal kita identifikasi, optimalkan dan mau menembus limit untuk menerapkan gaya frugal lainnya yang belum kita terapakan.banyak banget yang bisa kita lakukan sesuai kapasitas masing2.
ini bukan idealisme semu yang membuat orang menjadi menyedihkan dan terlihat sok2 beda sendiri, tapi dampak ekonomi, sosial lingkungannya nyata.
Go green bisa jadi bukan gaya hidup frugal tanpa adanya keseharian, konsistensi dan komitmen kolektif berkelanjutan yang riil.
Batasan frugal seringkali diperdebatkan, apakah memang dampaknya untuk keberlanjutan atau sekedar gaya hidup yang salah sasaran, akan tetapi ketika kita mencoba melihat dampak kegiatan kita sehari-hari dalam aspek kehidupan yang lebih luas, maka semakin hari kualitas kefrugalan kita dapat meningkat.

yuk mari berfrugal ria bersama-sama. sharing2 aja ya keseharian temen2 semua yang frugal. seru lho!!

thx untuk apresiasinya

_ Agni , (youth people and network) -komunitas sahabat kota
++ dapet kupon diskon 15% makan di reading lights gara2 upload pengalaman rabu belajar hari ini.
+++ tolong tag juga ya ke yang lain.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: