Mengapa kami mengundang mereka. Di Rabu Belajar|Kumpulan pesan penting yang teringat

Lapak Haratis, by Dahmer |6 Januari 2010 , Host by mita

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=100000493595016&ref=ts

KEINDAHAN BERBAGI REDUKSI LOGIKA UANG. Coba deh sekali-kali temen-temen datang ke lapak haratis, ada hal-hal yang udah jarang kita dapatkan sekarang. Berbagi dengan tulus, sesuai keperluan, bermacam barang yang bisa diambil dan dibagikan, semuanya itu hadir atas kemuakan terhadap logika uang yang menguasai keseharian hidup kita.

DO IT YOUR SELF. Mereka berhasil menunjukkan bahwa gerakan reduksi logika uang itu bukan suatu mimpi dan angan-angan belaka.

BAKAR BAN. Temen-temen lapak haratis punya gaya sendiri dalam mewujudkan idealisme mereka, selama tidak mengganggu orang lain dan menggunakan fasilitas kota yang menjadi haknya, ga ragu mereka bakal bakar ban kalau akan diusir pihak berwenang.

ANARKI not ANARKIS? Gerakan lapak haratis ini bukan gerakan perseorangan dengan system yang kaku dan ribet. Siapa saja bisa berkontribusi konkrit sesuai kemampuan dan keinginannya. Masang banner, publikasi, jaga lapak, lawan aparat, dan seabreg tugas lainnya dapat terbagi dengan apik ke seluruh team lapak haratis selama gerakan lapak haratis ini berjalan.tidak perlu kekerasan dan kekacauan

Pun gerakan ini sangat mudah direplikasi terbukti beberapa kampus dan komunitas telah mengadopsi aktivitas ini.

RARAMEAN MENUJU TUJUAN YANG SAMA.Kata-kata yang paling teringat dari Dahmer (aka Fajar) adalah kita ini untuk mewujudkan kebaikan, ga harus lakuin hal yang sama persis dan tarik menarik kepentingan, tapi justru kita bisa jalan raramean melengkapi satu sama lain.

Archipelago and team | 13 Januari 2010 , host by dimas sandya

http://www.facebook.com/home.php?#!/profile.php?id=100000581109010&ref=ts

PASSION AND CONCERN. Memang orang-orang archipelago dari dulunya suka main permainan tradisional, secara tulus mereka mengikuti passion mereka dan menjawab keprihatinan dengan melahirkan berbagai aktivias social untuk melestarikan permainan tradisional.

Lomba permainan tradisional tingkat RW, roadshow ke sekolah-sekolah, membuat buku, menciptakan software, berkolaborasi dengan berbagai komunitas, membuat sendiri alat-alat permainan tradisional, dan sebreg inovasi social lainnya.

BUDAYA MENULIS. Archipelago mendorong semua pihak untuk melestarikan kearifan dan pengalaman masing-masing dalam bentuk tulisan. Bangsa yang baik adalah bangsa yang mampu menuliskan artikulasi pengalamannya dengan baik.

FRUGAL. Dengan melestarikan permainan tradisional, banyak hal yang bisa didapat. Kearifan social yang membentuk karakter bangsa, edukasi karakter sejak dini yang murah meriah, pemanfaatan potensi local untuk menciptakan mainan dan seabreg efek frugal lainnya.

YPBB by anil and friends |20 Januari 2010 host by Kandi Sekarwulan

tengok dulu reviewnya di http://sahabatkota.multiply.com/journal/item/7/Alam_dan_Manusia_-_laporan_Rebo_Belajar_bersama_YPBB , great review by Kandi Sekarwulan

GURU YANG KONSISTEN. Hampir semua penggiat (terutama founder) sahabat kota pernah terlibat aktif dalam beragam program YPBB. Bahkan jauh sebelum sahabat kota lahir, beberapa foundernya aktif menjadi relawan YPBB pada kurun waktu tertentu. Banyak sekali pembelajaran yang kami dapat dari aktivitas bersama YPBB. Organisasi ini dari tahun-ke tahun selalu bertransformasi dengan baik untuk secara konsisten menjaga isu serta mengembangkannya sesuai kebutuhan jaman.

ORGANISASI PEMBELAJAR. Seluruh produk social YPBB (aktivitas) didasari pada riset yang mendalam, baik literature maupun rumusan pengalaman dari aktivitas-aktivitas sebelumnya. Organisasi ini merupakan salah satu contoh organisasi pembelajar yang sangat baik. Yang selalu mentransformasi dirinya dari masa ke masa. YPBB Aktif menciptakan standar program melalui pembuatan modul, pelatihan relawan dan staff, dan system yang membantu mereka berkembang. Mengadopsi system jam kerja yang berkeadilan bagi staffnya.

ZERO WASTE COMMUNITY. Sebuah kumpulan individu yang diharapkan bisa mewadahi individu-individu yang berkeinginan untuk mewujudkan zero waste di lingkungannya (mulai dari yang terkecil (keluarga, kamar kostnya, dll) sampai ke lingkungan dimana dia beraktifitas (RT, RW, kelurahan, tempat kerja,sekolah dll). Dalam komunitas ini juga dilakukan upaya-upaya untuk mendorong anggota komunitas untuk dapat melakukan usaha-usaha agar dia berperilaku se-Zero Waste mungkin. Pada akhirnya diharapkan komunitas ini bisa menularkan virus-virus Zero Waste ini secara lebih luas ke komunitas tempat tinggal/beraktivita snya. Bila ingin belajar mengelola isu dalam komunitas secara berkelanjutan (manajemen komunitas dll). Sangat direkomendasikan untuk gabung atau mampir2 di acara nya ZWC YPBB.

Self Defence by Aryajodipati and Kopral|27 Januari 2010 Host by Arya him self

LOGIKA PERTAHANAN DIRI. Semua orang perlu mempertahankan dirinya dari ancaman marabahaya. Logika utama pertahanan diri adalah selamat. Lari, menangkis, menyerah atau bahkan mencederai pengancam adalah pilihan-pilihan logis yang dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

MUDAH TAPI PERLU LATIHAN. Gerakan self defence ini diadopsi dari gerakan self defence karate, akan tetapi hamper seluruh cabang beladiri memiliki gerakan-gerakan dan jurus self defence. Gerakan2nya relative mudah karena disertai dengan teori titik-titik lemah, pemanfaatan energy lawan. Tapi yang namanya jurus , harus dilatih dan ditempa secara terus menerus untuk menjadi reflek.

SEMOGA TIDAK PERLU DITERAPKAN. Pesan penting di akhir sesi dari pemateri: “semoga seluruh hal yang dipelajari kita hari ini tidak pernah kita terapkan dalam keseharian” , alias kita semua senantiasa terhindar dari ancaman dan marabahaya. Amiiin…

Mahanagari (Mas Ben, Hanapi , samsam and Ulu) |3 Februari 2010 host by Unang Lukmanulhakim

http://www.facebook.com/home.php?#!/mahanagari?ref=ts

http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=62053857080&ref=ts

DRIVEN BY PASSION. Memang mas Ben dan Mas Hanafi terlihat sangat passionate dengan kampanye Bandung melalui kaos mahanagari. Dari perjalanan Mahanagari dapat dilihat jatuh bangunnya mahanagari dan secara konsisten mereka bertahan (sempat berhenti beberapa tahun) dan berkembang hingga saat ini.

BEBASKAN KREATIVITAS. Jangan takut untuk membebaskan ide dalam mengembangkan sesuatu hal, jangan batasi idemu di awal eksplorasi. Catat, rekam semua ide yang ada, baru kemudian kita harus memanage ide kita dengan baik untuk lahirnya inovasi-inovasi secara berkelanjutan. Terbukti dari desain kaosnya yang selalu out of the box, kaos bolak balik, kaos penunjuk letak gunung yang mengelilingi bandung, kaos untuk orang gendut, dll.

NOT JUST T-SHIRT. Yap Mahanagari telah menunjukkan kepada kita semua, bagaimana melalui produk kaosnya mahanagari telah menjangkau berbagai isu, yang utama adalah kampanye kota Bandung untuk mencintai dan mengapresiasi hal-hal positif di Bandung, lalu juga aktif dalam berbagai gerakan cultural di bandung (melalui Kala-Mahanagari), roadshow Mahanagari, pengembangan kemasan ramah lingkungan, system contributor yang terbuka inovasi social lain yang membuat Mahanagari bukan sekedar usaha clothing kreatif semata.

KONTRIBUTOR. Dua desainer tetap (atau 1 atau 3 ya? Maaf lupa) dan puluhan contributor desain kaos. Sudah cukup untuk membuktikan asiknya system partisipasi kontributor kaos di Mahanagari. Secara terbuka mereka juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapapun untuk menjadi contributor kaos.

KONSISTEN. Aktif menjaga benang merah ke Bandung an nya hingga saat ini, melalui isu dan desain yang disajikan, juga tokoh-tokoh yang membantu promosi kaos Mahanagari.

Emma The Chinese Students |10 Februari 2010 Host by Kandi SW

http://sahabatkota.multiply.com/journal/item/8/Cerita_dari_Rebo_Belajar_The_Dragon_Inside , great review by Radix Hidayat

SERI BUDAYA. Sahabat kota aktif menyelipkan seri sharing budaya negeri jauh dalam rabubelajar, tercatat narasumber dari afrika , swedia dan sekarang China ikut berbagi mengenai keseharian di negeri mereka.

PEER TO PEER SHARING. Pentingnya mengundang pemuda untuk sharing kepada pemuda. Melalui sharing sebaya, banyak hal unik yang bisa digali dan ditanyakan. Mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan perasaan, kondisi pemuda dan trend di negeri china, pandang-pandangan pemuda terhadap suatu hal, dan perspektif pemuda lainnya.

UNIKNYA DINAMIKA NEGERI CINA. Ga cukup 3 jam kita menginterogasi emma untuk tahu hal-hal unik tentang China. Mulai dari facebook yang di banned, sejarah, cara merayakan tahun baru cina di cina, kebijakan kependudukan dan hal-hal lain yang asik banget saat di share.

Ardanti and Frugalism | 17 Februari 2010 Host by Seterhen aka Saska

Bisa ditengok di artikel pengalaman frugal, dan link dari mbak Danti (Ardanti) tentang Frugal.
also great review by agung : http://agungsmail.wordpress.com/2010/02/17/belajar-gaya-hidup-frugal-2/#comment-341

Tapi kenapa kita mengundang mbak Danti, karena secara individual aktif melestarikan (dan mengembangkan) gaya hidup frugal mulai dari rumahnya. Alias Dipatiukur 65 Pav, markas dan naungan Sahabat kota selama ini.

Genre Garingan by Jiwa (on confirm)|24 Febrarui 2010 Host by Mufti / Dodi Greeneration Indonesia

SENAM OTAK KANAN. Sahabat kota memandang pentingnya senam otak kanan bagi kehidupan sehari-hari. Tidak hanya pelepas stress, tapi merupakan cikal bakal dari pemikiran-pemikiran yang inovatif, out of the box, do it yourself , unik , nyeleneh dan lain-lain.

BUDAYA. Mau ga mau ga bisa dipungkiri bahwa ngegaring udah jadi bagian keseharian dari sahabat kota. Celetukan penting ga penting saat sedang rapat, sedang mengobrol, bahkan om Bambang pemilik rumah Dipatiukur 65 Pav (dan keluarga) aktif merespon garingan dan menyumbangkan garingan.

PISAU BERMATA DUA. Memang garingan bukan sesuatu yang menyedihkan, bahkan bisa melahirkan hal2 seperti tertulis di atas (out of the box dll). Tapi perlu dimanage juga agar tidak membuat orang frustasi (karena tidak bisa menebak garingan) , atau ilfill (salah momen).kyahaha.

tak lupa kami aktif mengundang teens dari smp 11 dan 48 secara khusus untuk menginspirasi mengajak mereka berbagi bersama setiap bulannya (1x 1 bulan ada rabu belajar yang kedatangan teens).

cheers! selamat menikmati rabu belajar dan aktivitas sahabat kota lainnya.

thx untuk para kontributor dan apresiator acara rabu belajar. your the best!
really2 special thx untuk admin FB Haris yang bikin invitation rabu belajar yang asik
para host rabu belajar yang ganteng dan cantik2 : Mita, kandi, Dimas, Unang, Jodi, Saska, Mufti/ dodi
dan para reviewer rabu belajar : agung dengan blognya yang asik, kandi dan radix, mbak danti,
dan si agni yang tiap hari selasa jempolnya bengkak sms in orang2, dan beberapa reviewnya

silahkan yang mau menjadi host (moderator) rebel, kontak2 aja ke 0857 200 777 13, siapa aja bisa bawain acara, obrol heula paling jeung koordinatorna.
apalagi yang mau review setiap acara rabu belajar (sesuai pengalaman pribadi ) dan di upload ke multiply ksk.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: