yuk kita berbuat dan tidak hanya bicara :D

hai teman-teman, apa yang ada di benakmu saat mendengar kata-kata “Bandung Lautan Api”?
pelajaran sekolah yang membosankan?
Muhammad Toha yang heroik?
kebakaran dan api dimana-mana?
Monumen Tegalega?
atau bahkan lagu Halo Halo Bandung?
wah, bahkan ada yang ingat Pawai Obor untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.
beragam sekali ya! jawaban-jawaban tadi adalah jawaban yang diberikan oleh peserta Rabu Belajar tempo hari (10 Maret 2010) mengenai Bandung Lautan Api bersama dengan Komunitas Aleut.

tapi taukah kamu, peristiwa Bandung Lautan Api sendiri terjadi persis di bulan ini, lho! tepatnya tanggal 24 Maret 1946.
Nah, bertepatan dengan itu Komunitas Sahabat Kota ingin mengajak teman-teman, yuk, kita ulik lebih lanjut tentang Bandung Lautan Api itu sendiri.

Apa sih Bandung Lautan Api itu?

malu dong, kita tinggal di Bandung, tapi sebegitu tidak pedulinya-kah kita dengan peristiwa-peristiwa yang dianggap penting bagi kota tempat kita tinggal ini?
atau, mungkin bisa juga timbul pertanyaan-pertanyaan kritis seperti, benarkah peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa bersejarah yang penting bagi Kota Bandung kita ini?
mengutip kata-kata orangtua Amel, salah seorang teman Sahabat Kota, yang merantau belajar ke Bandung dari Bangka Belitung,

“Jangan cuma menuh-menuhin kota tempat kamu menuntut ilmu nanti, coba buat sesuatu yang berguna untuk kota tempat kamu tinggal..”

Teman-teman Sahabat Kota tidak bisa lebih setuju lagi dengan petuah orangtua Amel.
Yuk, teman-teman, selama kita masih ada di Bandung, kita lebih mengenal kota ini, dan lebih mencintainya dengan memberikan kontribusi positif! biar kecil tapi kita berbuat, tidak hanya protes. jadi, keberadaan kita di Kota Bandung inipun menjadi berarti dan bermanfaat.

Komunitas Sahabat Kota mengundang teman-teman untuk menghadiri Rabu Belajar spesial Bandung Lautan Api 😀

berikut kegiatan yang sudah berjalan:
10 Maret 2010:
Dipati Ukur 65 Pav.
ngobrol bareng “Komunitas Aleut” tentang belajar sejarah yang asik, menginterpretasikan sejarah kota, dan bercerita tentang sejarah Bandung Lautan Api terkait dengan stilasi yang tersebar di 10 titik di Kota Bandung.

14 Maret 2010:
Braga, Alun-alun, Makam Bupati Wiranatakusumah, sampai SD Asmi.
Ngaleut “Bandung Lautan Api”, menelusuri stilasi-stilasi Bandung Lautan Api bersama “Komunitas Aleut” supaya bisa berbagi cerita dengan teman teman yang lain.

terimakasih untuk Komuintas Aleut! tetap semangat! 😀

dan sekarang Komunitas Sahabat Kota mau mengajak teman-teman semua untuk menghadiri:
17 Maret 2010
Jalan Sumur Bandung no.4 (basecamp Komunitas Aleut)
jam 15:00 WIB paling lama sampai 18:00 WIB
Sharing hasil jelajah oleh teman-teman yang ikut jalan-jalan tanggal 14 Maret. Akan ada teman-teman dari “Komunitas Aleut” dan Bandung Heritage. Disini kita bisa diskusi tentang peristiwa Bandung Lautan Api.

24 Maret 2010 (tbc)
Selasar Sunaryo Art Space
pemutaran film Bandung Lautan Api (bekerjasama dengan Bandung Heritage), dan diskusi dengan berbagai narasumber Bandung Lautan Api

+Amanda Mita

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: