Bandung Lautan Api di Selasar Sunaryo

Siang tadi dari jam 14.00 WIB sampai 17.00 WIB, saya mengikuti diskusi dan pemutaran film di Selasar Sunaryo. Pada mulanya dari undangan lewat komentar salahseorang kompasianer Bandung yaitu Agung Ismail. Pemutaran film dokumenter Bandung Lautan Api ini diselenggarakan oleh Komunitas Sahabat Kota yang bekerjasama dengan Bandung Heritage, Bandung Heritage yang saya kenal adalah lembaga yang konsen dalam pelestarian gedung-gedung bernilai sejarah. Pernah beberapa kali saya terlibat diskusi dengan mereka, di BIP ataupun di forum-forum lainnya.

Setelah pemutaran film selesai, acara selanjutnya adalah diskusi langsung dengan tokoh sejarah. Tokoh sejarah, yah… ini adalah tokoh sejarah Bandung Lautan Api. Namanya Ibu Tuti dan Ibu Saartje, mantan pejuang (Laskar Wanita Indonesia). Dari kedua tokoh ini saya mengetahui bagaimana suasana mencekam pada waktu itu. Bagaimana sebuah keberanian para laskar wanita dalam berjuang dibarisan terdepan menjaga Kota Bandung secara khusus dan Indonesia secara luas. Laskar Wanita ini menjadi semacam semangat bagi para laskar lelaki. Kata Tubagus Adhi, keberadaan Laskar Wanita ini benar-benar menjadikan pihak musuh ketakutan, mereka berkata “perempuannya aja berani gini, bagaimana lelakinya?”. Bisa jadi pada waktu itu gerakan feminis belum berlangsung di Eropa, sehingga melihat perempuan berani berperang itu keanehan tersendiri. Perempuan biasanya di barisan belakang sebagai tenaga medis atau losgistik, tetapi di Indonesia (di Bandung khususnya) perempuan malah menjadi bagian dari laskar-laskar yang melawan mereka.

Disamping diskusi tentang Bandung Lautan Api, ada juga Pak Sunaryo. Pak Sunaryo adalah tuan rumah, tetapi tidak sekadar itu, beliau adalah pembuat stilasi Bandung Lautan Api dan Monumen Tegalega. Dia bercerita tentang filosofis dari stilasi yang ada di Kota Bandung. Dari beliau, saya mengetahui tentang seluk beluk stilasi walaupun sebelumnya sudah ada penjelasan dari panitia yaitu Komunitas Sahabat Kota (KSK).

Sampai sore hari, Dago Pakar Timur hujan deras, peserta yang terdiri dari anak-anak muda dan SMP di Kota Bandung merapatkan diri dalam gazebo di Selasar Sunaryo itu, suasana tambah hangat ditengah suhu yang dingin ketika pembacaan surat dari siswa SMP yang ditujukan sesuai keinginannya. Ada yang ditujukan untuk Ibu Tuti dan Ibu Saartje, ada juga yang untuk Pak Sunaryo dan juga Tubagus Adhi.

Inilah sebagian dokumentasi diskusi Bandung Lautan Api yang hangat

 

Terima kasih kepada Agung Ismail dan Kang Ramdhan. Diskusi ini juga menjadi ajang kumpul sebagian kompasianer Bandung. Nantikan tulisan selanjutnya ya 🙂

repost dari tulisan Kang Iden Wildensyah di Kompasiana

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: