Kartini Muda dan Keunikannya

Dalam rangka memperingati hari Kartini 21 April 2010, Sahabat kota mengadakan acara rabu belajar dengan mengundang para pembaharu muda, alias kartini-kartini muda.

Siapa sih kartini muda?
Sahabat kota mendeskripsikan kartini (pembaharu) muda adalah muda mudi yang masih duduk di bangku sekolah (SMP-SMU). Bukan sekedar anak sekolahan biasa, mereka ini telah menggagas dan mewujudkan aktivitas sosialnya sendiri , baik secara individu maupun tim. Diimplementasikan di lingkungan sekitar, mulai dari sekolah hingga teman-temannya.

Keunikan para kartini (pembaharu) muda ini diantaranya :
1. Dini
Ya, tentunya mereka telah memulai aktivitas sosial mereka sejak dini, setidaknya kawan-kawan di sahabat kota (kakak2 berusia 20 tahunan) sempat berpikir sejenak..hmm..dulu waktu smp-smu gua ngapain ya?

2. Energi
Yup, kita tau, jaman2nya SMP SMU, adalah saat dimana energi kita meluap-luap, untuk pengen eksis dan aktualisasi diri di masyrakat dan temen-temennya.
Asiknya para kartini muda ini bisa nyalurin energinya untuk hal-hal yang positif, daripada eksis dengan cara negatif atau merugikan diri, seperti chaotisme geng motor, narkoba dll.

3. Mengubah definisi
Yup, yang namanya keren itu bukan ngerokok, nongkrong di mall,belanja, liburan, abisin uang jajan dari ortu, foto narsis dengan blackberry. Tapi bikin kegiatan positif buat diri sendiri dan orang lain juga bisa buat diri kita tampak keren! kata-kata itulah yang saya ingat dari salah seorang kartini muda, yaitu Gadis Prameswari. salah satu motivasi teman kita satu ini mendirikan bandung cycle chic, dan regreneeraktion adalah untuk mengubah definisi keren dimata anak muda. siapa aja bisa keren dengan positif!

cmmon man, yang namanya keren itu bukan dandan seperti di sinetron, bergaya bahasa masa kini seperti orang metropolitan, dengan berkegiatan positif di masyarakat, kamu juga sudah menjadi sangat kerennn!

4. Dewasa?
Dibilang dewasa sejak dini? enggak juga sih, tapi para kartini (pembaharu muda) ini dapet kesempatan untuk proses pendewasaan diri sejak awal dibandingkan teman seusianya.
Bagaimana tidak? dinamika remaja ga sederhana lho!
banyak kasus geng2an, sirik2an, ditinggalin temen di tengah jalan, pundung-pundungan, hingga masalah ijin orang tua dan cara mengatur waktu untuk berkegiatan dan tetap nilai rapotnya terjaga.

semua hal itu setidaknya digeluti oleh para kartini (pembaharu) muda dan saya akui mereka sedikit demi sedikit berhasil menghadapinya dengan tegar dan cara yang lebih dewasa. sehingga kegiatan sosial mereka tetep jalan yow..

5. Inspirasi bagi orang dewasa.
yo i. ga sedikit malah guru-guru disekolah nya para kartini muda ini yang jadinya belajar bareng sama para kartini muda ini. mereka jadi tumpuan dan duta sekolahnya masing-masing untuk menyampaikan informasi terkait kegiatan yang mereka lakukan sehari-hari.

6. Jalan masih panjang , curi start
Yup, untuk mewujudkan perubahan sosial di masyarakat, jalannya panjangggg banget2. tapi bayangkan , sejak usia smp smu, mereka-mereka ini sudah berani untuk terjun dan memulai kegiatannya. berani salah sejak dini, berani belajar sama orang lain sejak dini, berani mulai kegiatannya sejak dini. apa jadinya kalau mereka ini berhasil konsisten mengembangkan kegiatannya di masyarakat?

saya yakin sewaktu duduk di bangku mahasiswa nanti, mereka semua pada males ikut ospek, ikut demo, dan hal2 telat dewasa mahasiswa lainnya. mereka semua sudah dapat menentukan pilihan secara lebih dewasa , bagaimana seharusnya orang berkontribusi konkrit di masyarakat. akan lebih banyak pilihan cerdas yang dijalani dalam menjalankan aktivitasnya sebagai bagian dari masyarakat.

well, karena hal-hal diataslah dalam 1 tahun terakhir sahabat kota aktif berkegiatan dan belajar bersama para teens. Karena kami yakin, ketika adik-adik tersebut punya pilihan untuk berkegiatan positif dimasyarakat sejak dini, maka pada saat dewasa nanti akan banyak pilihan cerdas dan dewasa yang mereka jalani untuk berkontribusi bagi masyarakat.

Melalui acara rabu belajar kartini muda yang dipandu moderator amanda mita, sahabat kota berkesempatan menggali pengalaman unik dari Gadis (Bandung Cycle Chic) dan tim zero waste school SMP 11 (ami dkk).dan menginspirasi satu sama lain untuk mewujudkan perubahan positif di masyarakat.

terima kasih pada temen2 Bandung Cycle chic, Regreeneraktion, temen2 tim zero waste school SMP 11,SMP 48, SMP alfa centaury dan SMU 13 serta temen-temen teens lain. karena kalianlah kami meyakinkan diri untuk membuat rebel teens setiap bulannya, rabu belajar dengan tema dan partisipan bagi para remaja.

salam

sahabat kota

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: