Yuk Adik-Adik Kita Bikin PETA HIJAU Sekolahmu

peta hijau plesiran (13)

Kamis, 15 April 2010. Hari pertama Sahabat Kota menjalankan program Edukasi Kreatifnya di salah satu Sekolah Dasar di Bandung yaitu SD Plesiran.

Dimulai dengan pagi yang cerah, kakak-kakak relawan sudah datang sedari pukul delapan pagi. Satu jam sebelum kegiatan dimulai. Dan tema untuk pertemuan pertama ini adalah membuat peta hijau di sekitaran sekolah.

Peta hijau, hm apa pula itu peta hijau. Mungkin tidak banyak orang yang tahu seperti apa itu peta hijau.

Peta hijau memang tidak seperti peta pada umumnya. Namun kurang lebih bentuknya hampir sama dengan peta wisata dimana setiap lokasi yang menarik diberikan suatu ikon khusus yang tentu saja berkaitan dengan isu lingkungan sekitarnya.

Lalu apa menariknya?

Tentu saja menarik, karena pada saat membuat peta hijau tersebut tentunya kita akan sadar akan satu sisi tentang kondisi lingkungan. Kita jadi tahu mana nih tempat yang asyik untuk bermain, mana nih tempat yang banyak sampahnya, mana nih tempat yang harus dihindari karena berbahaya, dan tempat-tempat menarik lainnya yang bisa dikatakan bagus atau tidak.

Terkait dengan hal tersebut, kegiatan dengan adik-adik yang masih kecil ini tentunya akan menumbuhkan sebuah kesadaran individu tentang kondisi nyata lingkungannya baik kondisi alamnya, sosial dan kualitas hidup sehingga mereka tergugah akan kepeduliannya akan permasalahan dan potensi lingkungan sekitarnya.

Hmmm, gitu toh. Menarik juga.

Sebelum membuat peta hijau, adik-adik SD Plesiran khususnya kelas V berkumpul terlebih dahulu di lapangan dan memulai pagi mereka dengan pemanasan berupa permainan pemecah es (ice breaking). Sebenarnya maksud dari ice breaking adalah menunggu kepulangan kakak-kakak relawan yang ternyata harus survey area sekitar dulu.

peta hijau plesiran (5)

Setelah kakak-kakak relawan pulang dari misi mengenal kawasan, perkenalan dan pembagian kelompok pun dimulai. Adik-adik kemudian kembali ke dalam kelas dan diberi penjelasan tentang apa itu Peta Hijau dan sedikit kuis tentang pengertian ikon-ikon yang baru saja dijelaskan. Setelah cukup paham, kemudian mereka bersiap-siap untuk menelusuri kawasannya dan menandai beberapa lokasi yang menurut mereka “menarik untuk diberi ikon” pada peta yang sudah disediakan.

Satu jam pun mereka lalui dalam petualangan menyusuri gang-gang sempit sekitar sekolah. Meskipun sudah dibuatkan peta butanya, ada juga dari mereka yang berinisiatif membuat petanya sendiri dengan ikon yang digambar pula. Malah lebih bagus dibanding peta yang sudah disiapkan hahaha. “Peta Hijauku” itu mungkin judul yang tepat untuk gambarnya.

Usai waktu berpetualang habis, mereka kemudian kembali lagi ke kelas. Kini giliran setiap kelompok bergantian melaporkan hasil petualangannya pada peta yang lebih besar. Hasilnya, peta hijau SDN Plesiran yang sangat luas dan ditandai dengan ikon-ikon menarik peta hijau.

Sambil melihat peta hijau yang komplit, kini adik-adik diajak untuk merenungkan tentang lingkungan sekolahnya. Lalu dari hasil perenungan itu, bagian mana yang adik-adik ingin jaga dan ingin diperbaiki. Dan terakhir, mereka membayangkan tentang kondisi lingkungan sekolah yang asyik.

Ternyata setelah saya lihat-lihat, hampir kebanyakan bagian sekolah yang ingin diperbaiki itu adalah WC sekolah. Tempat paling menyeramkan dan paling pesing.

Nah sekarang, bagaimana kondisi lingkungan sekitarmu?

peta hijau plesiran (7) peta hijau plesiran (8)
peta hijau plesiran (16) peta hijau plesiran

 

peta hijau plesiran (9)

di repost dari agungsmail

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

One comment

  1. .tangga ilmu.

    menarik sekali. bagus untuk edukasi anak2..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: