Rabu Belajar 26 Mei 2010: Appreciative Learning

Rabu belajar kali ini sahabat kota mencoba metode belajar Appreciative Learning, dengan menggali pengalaman dan pembelajaran satu sama lain.
Tidak ada materi yang tersaji satu arah melalui infokus atau satu narasumber, hanya ada fasilitator yang memfasilitasi proses belajar untuk menghasilkan pembelajaran-pembelajaran baru.

Tema belajar kali ini adalah tentang penciptaan gagasan sosial, melalui serangkaian aktivitas interaktif. Para peserta belajar diajak untuk menggagas aktivitas sosial yang lahir dari keprihatinannya sendiri dan dijalankan dengan kekuatan yang telah dimiliki.

Rangkaian aktivitas tersebut diantaranya, membaca koran, menggambar, bernyanyi, membuat puisi, berbagi pengalaman satu sama lain, hingga menari bersama.

Pada akhir acara belajar, lahirlah “delapan” gagasan sosial dari “delapan” peserta belajar. Acara ditutup dengan saling mengirimkan surat satu sama lain untuk apresiasi positif para peserta belajar.

Untuk lebih lengkapnya, teman-teman dapat juga melakukan aktivitas ini , karena telah tersaji dalam modul sederhana.

Selamat memfasilitasi teman-teman lain untuk melakukan perubahan!

Salam Sahabat.

Agni
-Fasilitator Rabu belajar 26 Mei 2010 (mencipta aktivitas sosial)

Modul KSK Produksi gagasan sosial.pdf

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: