Re Definisi Taman Kota: Komunitas Taman Kota

Hei, pada acara Crafty Days (Tobucil) hari sabtu kemarin, saya berkesempatan bertemu Ajo, salah satu penggiat Komunitas Taman Kota.

Sangat sayang untuk tidak menuliskan sari pemikiran Ajo dan Komunitas Taman Kota,

Komunitas Taman Kota?

Yup, ternyata komunitas ini punya kesamaan tujuan dengan komunitas sahabat kota (namanya aja nyaris sama , hehe), dengan fokus (entry point) kepada anak-anak, Memanfaatkan taman kota yang berada di Kota Bandung dan belum termanfaatkan fungsinya dengan baik, yaitu sebagai ruang bermain dan belajar untuk mengkampanyekan taman kota sebagai milik bersama.

Mulai dengan menggunakan taman kota tersebut dengan beberapa kegiatan (bekerja sama dengan komunitas lain atau warga setempat) yang tujuannya adalah masyarakat nongkrongnya di taman. Dan akhirnya taman menjadi tempat bersama yang membuahkan kreativitas dan produktivitas.

Apa Aja keunikan Komunitas Taman Kota?

Berikut sari pembicaraan saya dengan kang Ajo pada petikan siang hari yang sedikit mendung di Tobucil:

1. Re Definisi Taman Kota

Komunitas Taman Kota berusaha mempopulerkan pengertian yang lebih luas mengenai taman kota sebagai warga. Sebuah Ruang yang dapat dipakai berkegiatan bersama bagi warga , entah itu seonggok lahan di bawah kolong jembatan, sepetak lahan di komplek, hingga taman-taman kota adalah sebuah Taman Kota yang dapat dioptimalkan fungsinya oleh warga sebagai sarana bermain dan belajar bagi anak

2. Memobilisasi sumberdaya lokal untuk Taman Kota

Berbicara soal Komunitas Taman Kota, tidak sebatas berbicara mengenai penggiat dan volunteer pendamping adiknya. Akan tetapi juga berbicara bagaimana komunitas taman kota mengajak masyarakat sekitar untuk sama-sama memanfaatkan ruang terbuka disekitarnya sebagai wahana berkumpul, bermain, belajar dan simpul masyarakat.

Tidak heran kalau pada hari bumi kemarin, Kegiatan Bertaman Paksa di bawah kolong jembatan pasupati di daerah plesiran berlangsung sukses dengan dukungan penuh warga setempat (3 RW!). kegiatan belajar dan bermain bagi anak, nonton film bareng dan seabreg aktivitas lain di bawah kolong jembatan, telah mengajak dan memfasilitasi warga untuk mengenal dan mengakses haknya terhadap ruang terbuka bersama.

3. Anak sebagai partner strategis dalam ber-Taman Kota

Yup. usia 3 tahun hingga SMP merupakan segmen sasaran Komunitas Taman Kota dalam berkegiatan "Sekolah Taman". Kegiatan utamanya adalah memfasilitasi anak untuk bermain dan belajar, melalui penyediaan fasilitasi menggambar, membaca, hingga berkolaborasi dengan rekan-rekan lain untuk mengisi pembelajaran di sekolah taman. Sejak awal Komunitas Taman Kota menekankan bahwa mereka adalah teman bermain dan belajar anak-anak, bukan guru.

Selain senang bermain dengan anak, ternyata terdapat peran strategis anak dalam berkegiatan di taman kota. Investasi kepemilikian ruang publik dipupuk sejak dini kepada anak-anak , untuk kemudian kelak rasa kepemilikan tersebut menjadi sebuah energi besar bagi anak muda untuk memperjuangkan hak akses ruang publik.

Anak juga merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada orang tuanya, ibarat sambil menyelam minum teh hangat, dengan berkegiatan dengan anak di sekolah taman, orang tua menjadi paham akan pentingnya pendidikan, ruang publik, kreativitas bagi anak.

4. Taman Kota sebagai potensi unik pemberdayaan warga

Tidak cukup kepada anak, nantinya kegiatan kreativitas sekolah taman dapat menyebar kepada pihak-pihak lain. terutama orang tua, sambil menemani anaknya bermain belajar di sekolah taman, orang tua dapat belajar merajut, berdiskusi tentang dunia anak, dan kegiatan pemberdayaan orang tua lainnya.
selain itu para pemuda dan warga setempat dapat terilbat aktif dalam pengembangan model aktivitas sekolah taman , Komunitas Taman Kota hanya menyediakan model awal yang kemudian diharapkan mampu dikembangkan dan dimiliki sendiri oleh warga setempat secara berkelanjutan

5. Taman Kota sebagai salah satu simpul pesta Komunitas Kreatif

Ga dipungkiri lagi kalau kegiatan berbasis ruang publik pasti memiliki ruang yang luas bagi para partisipan untuk terlibat di dalamnya. Sekolah Taman yang digagas komunitas taman kota merupakan kegiatan yang dapat diisi oleh komunitas apa saja, selama itu bertujuan untuk membuka ruang belajar dan bermain bagi anak, pemuda, dan orang tua (masyarakat).

Beragam gerakan dan keunikan komunitas di Bandung dapat sesekali mampir berkolaborasi dengan sekolah taman untuk memperkaya kegiatan pemberdayaan taman kota bagi warga.

(you know who you are guys, komunitas pecinta sepeda, musik, edukasi anak, pendidikan, komunitas pengelolaan sampah, sejarah, film, dll)

6. Pilih belanja atau Bermain di taman?

Yow. Taman Maluku, Taman Cilaki dapat menjadi titik strategis bagi orang tua penggila belanja untuk menitipkan anaknya pada kegiatan sekolah taman. Daripada anak diajak berbelanja dan dididik menjadi konsumtif, lebih baik dititipkan kepada sekolah taman. Orang tua nyaman berbelanja, anak2 senang, kegiatan sekolah taman makin hidup! yeah

7. MODEL!

Ada pola baku yang umum dalam menjalankan aktivitas sekolah taman. Pola Baku ini kemudian dapat dikembangkan sebagai sebuah model yang nantinya akan sangat mudah ditiru oleh warga manapun diseluruh penjuru kota ini. sehingga setiap ruang publik yang ada disekitar warga mampu dihidupkan oleh warga, dari warga, dan untuk warga.

Pengembangan model sekolah taman ini menjadi penting sebagai salah satu strategi untuk memperluas dan mendukung gerakan pemanfaatan ruang publik
yup. demikian sekelumit sari pemikiran saat bertukar tawa dan canda bersama ajo dan teman komunitas taman kota.

Seperti kata pa Ajo, berkegiatan dengan komunitas lain itu seperti menanam benih, obrolan-obrolan santai satu sama lain menggantikan kerumitan birokrasi untuk berjejaring satu sama lain. dengan basis kekeluargaan, irisan mimpi dan tujuan satu sama lain, tentunya komunitas yang ada dapat saling memperkaya satu sama lain dan memperbesar gerakan untuk mewujudkan kota yang lebih baik.

Thx Komunitas Taman Kota. Looking forward untuk memulai hal-hal realistis yang dapat dilakukan bersama.

Cu!

Salam Sahabat.

– Agni , komunitas sahabat kota-

sumber foto diambil dari http://bandung.detik.com/images/content/2010/04/22/486/taman-cikap-Insert.jpg

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

4 comments

  1. halo kami dari komunitas taman kota, saya copas ya artikelnya buat kliping di blog komunitas taman kota.. saya re link kesini juga… trimakasih.
    salam senyum selalu

  2. red

    wa…keren….salam kenal….saya slh satu mhsiswa jurusan arsitek…
    saya sangat tertarik dengan taman kota karena di kota saya taman kota sangat tidak teratur….kalo boleh cantumkan juga tama kota yang terkenal di dunia dong….. 🙂
    terima kasih infonya….

    • sahabatkota

      Taman Kota yang paling terkenal di bandung Taman Ganesha ITB,Taman Balaikota,dan Taman Lansia. Sayangnya Taman Lansia sekarang sudah kotor ,banyak pemulung dan gelandangan serta sudah agak kurang layak. Jika di taman balaikota dekat BIP nyaman untuk mengobrol santai saat sore dengan kawan,atau jogging.Thanks

  3. Salam kenal, Saya Anita mahasiswi pariwisata UPI Bandung.
    Saya sangat tertarik mengenai taman2 kota khususnya di kota Bandung.
    kalau boleh tau, jika untuk mencari data2 mengenai seluk beluk taman2 kota di kota Bandung kemana ya?
    kalau komunitas sahabat kota & komunitas taman kota ada basecam nya ga? boleh minta contact person nya?
    mohon info nya ya, terimakasih banyak 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: