Edukasi Kreatif: Peta Hijau Sekolahku!

Anak – anak SD Pardomuan di Jalan Lombok sudah berkumpul riuh rendah di pelataran halaman bermain mereka pagi itu. Hari itu sabtu, 12 februari 2011, dan mereka akan bertualang membuat Peta Hijau dari lingkungan sekitar sekolahnya! Ada 4 kelompok (lengkap beserta yel-yel penyemangat) yang akan berangkat: kelompok Kancil, kelompok Kucing, kelompok Penguin, dan kelompok Sapi. Dengan semangat bertualang, mereka siap menyisir kawasan sekitar sekolahan!

"saya kak, saya kak!"

kelompok sapi dan yel nya

"berangkaaaaatt!"

Eh sebentar, apa sih Peta Hijau? Peta yang warnanya hijau?

"apa sih, peta hijau?"

Kak Dimas dari Sahabat Kota menjelaskan sebelum petualang-petualang cilik ini berhamburan keluar sekolah, “Peta hijau adalah peta yang kita buat, untuk memetakan sendiri lingkungan sekitar kita. Misalnya, dimanakah pasar terdekat, lapangan permainan terdekat atau tempat-tempat yang mengalami kerusakan lingkungan di sekitarmu. Tujuannya supaya kita lebih mengenal lingkungan kita lebih personal. Dengan mengenal lingkungan kita, mudah-mudahan kita juga akan lebih peduli.”

"peta yang warnanya hijau? eh, bukan ya?"

"siapa bisa jawab, kamu?"

"siapa yang pernah lihat PETA?"

"jadi, peta hijau itu.."

"nah, seperti ini lambang yang akan kita pakai.."

di kelompok lain

"ini lambang-lambang nya, ini peta nya.."

ceria nya SD Pardomuan

Tanpa dua kali komando, masing-masing kelompok pun berjalan menyusuri peta yang dibekali Kak Dimas tadi. Masing-masing kelompok membagi peran anggotanya. Ada yang menjadi Polisi Bintang yang bertugas mengawasi waktu, ada Polisi Keamanan yang bertugas menjaga dan menyeberangkan teman-teman sekelompoknya, ada Penunjuk Jalan yang membawa peta dan mengarahkan jalan, ada Pencatat Proses, ada Penempel Lambang yang akan menempelkan lambang-lambang peta hijau sesuai kesepakatan kelompok, dan yang pasti ada kakak-kakak relawan yang membimbing. Seru sekali mengamati petualang-petualang cilik ini mulai memainkan peran mereka sebaik-baiknya. Kadang terlihat sok dewasa, kadang sok bijak, tapi yang pasti mereka semua terlihat menikmati peran-peran tersebut.

"siapa mau jadi apaaaaa?"

"aku jadi apa yaaa?"

kelompok lain juga berbagi peran

kalau ini Polisi Bintang yang bertugas mengawasi waktu!

yang ini berperan sebagai penunjuk jalan dan polisi penjaga

ada yang menempel lambang

semua bekerjasama dalam peran masing-masing

60 menit kemudian masing-masing kelompok berkumpul di dalam kelas SD Pardomuan. Kembali bersua dengan Kak Dimas yang menyatukan kepingan-kepingan peta dari masing-masing kelompok, hasil penjelajahan.

kak Dimas menyatukan peta

lambang-lambang peta hijau

peta sebelum ditempel lambang peta hijau

Terpaparlah peta besar kawasan Jalan Lombok dan sekitar.

menyatukan kepingan-kepingan peta tiap kelompok

"yang apa dimanaaaa?"

ayoooo, sudah hampir jadiii

Dari situ teman-teman semua bisa melihat “hasil karya” petualang-petualang cilik ini memberikan “tanda-tanda” pada kawasan sekitar sekolah mereka:

"Peta Hijau Sekolahku!"

 

*photo by: Akhmad Rakhmattullah Sofyandi Sedar (Yandi)

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

4 comments

  1. uhuyy… 5 bulan yang lalu sy bekerja di Bandung,sayang ga di beri kepercayaan sama tuhan buat ketemu kalian. truss kasih kontribusi ke KSK.
    Good Job….Pal. GBU

    Salam,

    Knife..

  2. halo KSK,
    kami dari tanikota di medan ingin tau gimana caranya buat ‘peta hijau’ atau kalau boleh berbagi modul ESD untuk anak SD.

    terimakasih sebelumnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: