Komunitas Sahabat Kota, Sahabat Kita Semua

Bandung dari dulu sudah terkenal dengan segala keindahan dan keberagaman wisatanya. Daya tarik kota berjuluk Paris van Java ini pun tidak lepas dari sumber daya orangnya yang sangat kreatif. Sudah banyak industri-industri kreatif yang lahir dan terkenal di kota Bandung, dan itu semakin menambah daya tariknya. Namun, siapa sangka belakangan ini bukan hanya industri-industri kreatif yang menjamur di kota Bandung, berbagai komunitas yang beranggotakan orang-orang yang tak kalah kreatifnya pun semakin banyak, mulai dari komunitas yang sifatnya menambah kesehatan seperti berolahraga, sampai dengan yang sifatnya memberikan edukasi.

Komunitas Sahabat Kota adalah salah satunya, komunitas yang secara resmi berdiri pada tahun 2008 ini merupakan komunitas yang bergerak di bidang edukasi kreatif yang mana kegiatannya ialah membuat berbagai modul dengan tema tertentu dan mengajarkannya kepada anak-anak terutama yang berada di Sekolah Dasar di kota Bandung. Untuk melangsungkan kegiatannya, komunitas ini menggalang para relawan yang ada melalui jejaring sosial. Sampai dihitung secara keseluruhan semenjak berdirinya komunitas ini dari dulu hingga sekarang, komunitas ini sudah mempunyai relawan tetap kurang lebih 50 orang plus beberapa orang penggiat atau anggota intinya. Pada awalnya, komunitas ini hanya memberikan edukasi kreatif mengenai liburan, namun lambat laun seiring dengan perkembangannya dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, komunitas ini memutuskan untuk fokus pada jalur “Pendidikan Pembangunan berkelanjutan” untuk anak-anak Sekolah Dasar terutama dalam masalah lingkungan. Sampai saat ini, komunitas sahabat kota masih memfokuskan kegiatannya untuk anak-anak sekolah dasar karena masih kurangnya infrastruktur untuk lebih meluaskannya ke tingkat anak-anak jalanan. Di tahun 2011 ini, Komunitas Sahabat Kota melakukan kegiatannya dengan cara langsung mengunjungi sekolah dasar yang terutama belum memiliki kegiatan ekstrakulikuler dengan harapan mampu menambah kegiatan dan wawasan bagi sisa sekolah tersebut. “Biasanya kita omongin langsung kita punya konsep ini dan itu ke sekolahnya, dan mereka nantinya bisa tertarik ataupun tidak”, kata Agni, salah satu penggagas komunitas ini.

Terkait dengan keberagaman komunitas di kota bandung ini, Komunitas Sahabat Kota juga mengaku telah menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas lain, contohnya komunitas Aleut pada tema bandung lautan api dan masih banyak lagi.

Komunitas Sahabat Kota menjelaskan bahwa selama ini dalam melakukan kegiatannya mereka tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat karena memang belum punya kepentingan yang khusus dan belum sempat menghubungi. “Kita tidak bekerjasama karena kita tidak kontak, dan mungkin mereka juga tidak tahu” jelas Agni.

Sampai sekarang modul-modul yang dibuat oleh Komunitas Sahabat Kota berisikan tentang tema kesehatan lingkungan seperti, lingkungan sekitar sekolah, jajanan sehat, air dll. Jadi, bagi warga Bandung yang masih peduli dengan lingkungan kota Bandung dan ingin generasi muda-mudi Bandung peka terhadap lingkungan, tidak ada salahnya kalau kalian bergabung dan menjadi relawan di komunitas ini.

Untuk info lebih lengkap, bisa Anda ikuti di official blog dari Komunitas Sahabat Kota di https://kisahsahabatkota.wordpress.com/, follow twitter Komunitas ini @sahabatkota, add Facebook sahabat kota di http://www.facebook.com/sahabat.kota atau Facebook page di http://www.facebook.com/kisahsahabatkota.

So, tunggu apa lagi? Ayo gabung dengan komunitas ini sekarang juga!

.Alika Nugraha, Hafiz Sezario Indra, dan Muhamad Iko Dwipa Gautama

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: