Laporan edukasi kreatif: Jajanan Sehat

Hallo, sekali lagi saya dapat kesempatan berharga nih, dokumentasi edukasi kreatif sahabat kota dari balik lensa!

*Semangat Anak Muda
*Yups, kali ini saya sempat mencuplik energi para relawan pendamping yang menularr beratt kedalam tubuh saya. tengok aja foto bareng relawan yang diwarnai dengan lompatan dan keceriaan, belum lagi foto2 hall of fame dari kakak2 yang menunjukkan semangat dalam menjalankan kegiatan edukasi kali ini.

relawan baru: Kak Bram

relawan baru: Kak Darren

Danlap kita: Kak Thatha

Kak Unang yang bersemangat

Kak Atu, co-Danlap

Kak Meida Fitriani

*Ice breaking
*Acara edukasi kali ini dimulai dengan kegiatan ice breaking suit (suwit) antara 2 kelompok besar. Menggunakan pose orang, gajah, semut yang unik. tengok deh kak atu (shomiyatul) yang dengan gokil mencontohkan pose dan memberi instruksi pada adik2. so, saat game dimulai, bisa diliat kalau suasana jadi funn! yeahh.

"hahahaha, Kak Atu bodorr"

game suit pake gaya! selalu seru mau dimainin dimana aja!

*Jalannya edukasi

Tema edukasi kali ini adalah makanan sehat.
*Pertama diskusi zat pada makanan
*adik-adik diajak untuk mengenali kandungan gizi (nutrition fact) yang ada pada makanan kemasan sehari-hari. bisa dilihat dari foto saat diskusi kelompok.

Misi 1: Diskusi kandungan makanan. dibantu kamus zat aditif YPBB, kita bisa melihat bahwa makanan kemasan memang banyak mengandung zat aditif. satu langkah untuk mencari makanan yang lebih sehat.

Perlu dicatat bahwa :

a. Makanan kemasan yang dibawa sebagai contoh sebaiknya merupakan makanan/jajanan sehari-hari , atau cukup dikenal oleh adik2

b. Tidak perlu menjelaskan seluruh kandungan zat makanan yang ada, cukup fokus kepada beberapa hal: bahwa makanan kemasan mengandung zat aditif,
bahwa zat aditif dalam jumlah banyak bisa membahayakan tubuh,
kenalkan beberapa zat aditif yang cukup banyak dijumpai,
bahas juga makanan lain seperti gorengan dari sisi kesehatan.

c. mulai dari hal-hal umum, seperti mereview kandungan makanan sehari2 (karbohidrat, vitamin, dll)

d. Kamus Zat Aditif dari teman2 YPBB sangat membantu! namun jangan mengenalkan semua zat makanan, cukup pilih saja beberapa.

di akhir diskusi , adik2 diajak utk meriview jajanan dalam lembar kerja.

*Kedua : misi jajan makanan sehat
*Untuk kakak2 yang membaca detail modul jajanan sehat (buatan kandisekarwulan), maka tujuan misi kali ini adalah untuk pergi jajan ke warung disekitar sekolah dan membeli makanan yang menurut adik-adik sehat. Diasumsikan adik-adik mampu menentukan makanan yang sehat dan yang tidak sehat, setelah berdiskusi pada tahap pertama. Mungkin waktu yang terbatas tidak cukup untuk memfasilitasi adik-adik
menemukan makanan yang sehat. banyak hasil jajanan (belanja ke warung) masih diwarnai dengan makanan2 kemasan.

bukan edu kreatif kalau ga pake simulasi dan jalan2! menuntaskan misi beli makanan sehat disekitar sekolah, gaya dulu ahhh.

*ketiga: diskusi kelompok, membahas hasil jajanan.
ya, adik2 diajak untuk membuat poster tentang hasil jajanan dan diskusi. menarik mencermati rasa kebersamaan dan partisipasi adik-adik dalam sesi ini. semua menggambar dan berkontribusi bagi tujuan kelompok.

karya bersama, hasil pemikiran bersama, dikerjakan bersama-sama, penuh warna

partisipasi dan kerjasama dalam mencapai tujuan. prinsip terpenting edukasi kreatif sahabat kota!

inilah menariknya edukasi kreatif sahabat kota, dengan panduan nilai2 universal dari Education for sustainable developement, kita masih bisa mereview hasil edukasi kali ini dari pantauan saya, kakak2 tetap dapat menanamkan tujuan ESD, dari 3 aspek , yaitu :

a. critical thinking
ya, adik2 ternyata menjadi lebih kritis, terbukti banyak adik yang mengaku bahwa jajanannya memang banyak mengandung zat aditif. rasa ingin tahu adik2 juga semakin tinggi saat mengamati kandungan nutrisi dari kemasan2 yang ada.

b. paricipation
Yup, seluruh proses tetap memfasilitasi adik2 utk berpartisipasi dan bekerja bersama. kakak2 tetap menggali pengetahuan dan kemampuan adik2 dalam mencapai tujuan

partisipasi dan kerjasama dalam mencapai tujuan. prinsip terpenting edukasi kreatif sahabat kota!

c. envisioning.
walaupun adik2 belum bisa menemukan jajanan yang sehat disekitarnya, namun adik2 tetap bisa lho diajak melihat makanan mana yang menurut adik2 lebih sehat, dan apa yang akan kamu lakukan berikutnya bila mengetahui bahwa makanan kemasan di sekitarmu banyak mengandung zat aditif?  itu prinsip sederhana dari membangun visi perubahan bagi adik2 lhoo! great jobb

*Acara edukasi diakhiri dengan review oleh kak tata kepada perwakilan kelompok. seperti yang telah tertulis diatas, ternyata pesan yang sampai pada adik2 hari ini adalah, banyak zat aditif pada makanan kemasan. bukan berarti tujuan edukasi kali ini gagal (menemukan makanan sehat) namun ada modal besar dalam mengajak adik2 menemukan makanan yang lebih sehat.

semua luncat!

Hal-hal lain yang selalu mewarnai edukasi kreatif adalah

1. Proses evaluasi
Disini sahabatkota mendapat banyak saran dan masukan yang selalu membantu kami menyempurnakan konsep dan teknis modul edukasi. pada momen ini pula kebersamaan dan tukar pikiran antar relawan dibangun. menarik untuk mencermati daya kritis para relawan. kami harap selain proses evaluasi, para relawan juga mengikuti proses workshop ESD Sahabat Kota, disini teman2 bisa mendapatkan informasi dan pembelajaran mengenai nilai edukasi pembangunan berkelanjutan dan prinsip dasar child handling.

2. Ramah tamah adik
Ya, 1 foto bercerita bagaimana kami disambut oleh adik2 saat datang ke SD melalui jendela kelas, juga ada foto adik2 dari kelas lain yang mendatangi kak unang dan kak atu untuk bercengkrama bersama. energi antusiasme dan kehangatan adik2 selalu memberi nilai lebih dari proses edukasi ini.

seru abiss. kedatangan kakak2 sahabat kota disambut dengan spontan oleh adik2 melalui jendela kelass.tx. sangat berarti bagi kamii

3. Bu Tini dan Nasi liwet
walalupun tidak ada fotonya, tapi 3 kali acara edukasi kreatif, kami selalu disuguhi nasi liwet oleh bu tini.
so jangan khawatir untuk makan siang, karena nasi liwet bu tini siap mewarnai perut anda lhoo!
Siapa bu tini ? beliau adalah salah satu relawan sahabatkota yang juga orang tua murid dari SD Pardomuan. banyak sekali jasa bu Tini dalam membantu Sahabat Kota menjalankan edukasi kreatif, dimulai dari membantu kenal kepada pihak sekolah, membantu menyediakan tempat untuk brifing di pagi hari, hingga nasi liwetnya yang luarr biasa.

4. Saran dan masukan , tips2
hari ini kami kedatangan mbak danti , kakak kami dari semi palar. beliau menyempatkan mampir untuk mengamati proses edukasi. salah satu saran bagi kami adalah untuk meworo2 para relawan agar membawa botol minuman sendiri . ini merupakan contoh sederhana namun penting dalam isu lingkungan.

5. Pengamat proses dari aceh, peliput dari FIKOM
kami juga ucapkan kepada rekan-rekan dari aceh yang telah bersedia menjadi pengamat proses dan memberi banyak masukan bagi sahabatkota, jg miko and friends dari FIKOM UNPAD atas liputannya.

thx untuk Miko dari FIKOM UNPAD, yang telah meliput dan mewawancarai sahabat kota. jangan lupa di share hasil liputannya (tugas kuliah yeuhh)

so..puji syukur ..dan juga terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mengapresiasi dan mendukung kegiatan edukasi kreatif.

Selain mengajak kembali para relawan untuk berkegiatan bersama, kami juga mengundang teman2 yang suka moto dan menulis untuk mereview kegiatan edukasi kami.

Salam Sahabat Kota 2011!

Kumpulin semangat lewat foto bareng. ada yang loncat kodok. kocak beratt

.Agni Yoga Airlangga
foto foto selengkapnya bisa teman-teman lihat di sini

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

2 comments

  1. Wah ada kak Thatha… Asyik sekali nih, anak2 memang perlu mendapat asupan gizi yang baik,, kalo nggak gedenya bakal kaya saya nih,, heuheu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: