Beredukasi Kreatif Menggebu-Gebu

by Shomiyatul Aziza
Sahabat Kota

 

Halo temantemans,

Izinkan saya untuk membagi cerita tentang edukasi kreatif Sabtu,260311 di SD Pardomuan.

Berawal dari poster relawan yang dibuat oleh mita mualilah ribuan sms murudul(muncul terus menerus)di handphone saya*gak sampai ribuan sih cuma biar aga bisa diresapi kikik.

Alhamdulillah ternyata begitu banyaknya teman-teman yang begitu bersemangat untuk melakukan perubahan dan berkegiatan bersama KSK.

Terdaftarlah 12 kakak penamping 6 diantaranya kakak-kakak relawan baru,2 dokumentasi,dan 10 orang observer.

Senangnya ternyata temanteman yang baru begitu antusias ikut kegiatan edukasi kreatif sampai tibalah hari yang ditentukan.(kenapa sih ketikannya asa geuleuh gini?)

Briefing pagi ternyata adalah momen yang cukup kurang menguntungkan bagi si danlap karena ternyata doi malah salah jalan dan berangkat ke DU harusnya kan ke SD Pardomuan di jalan Lombok!zzzz..jadi cukup mengulur waktu dan membiarkan kakak2 relawan menunggu beberapa menit kikikik.

Tapi kejadian tersebut tidak membuat kakak2 pendamping patah semangat!Setelah kakak2 pendamping briefing mulailah dengan latihan ice breaking sebagai pemanasan jugaa..setelah itu tibalah saatnya!jengjreeeng!

Kegiatan di SD pardomuan selalu diawali dengan sapaan adik2 yang ramah dan sambutan hangat dari Pak Marlon(Guru di SD tersebut)

Pertama-tama,adik-adik dikenalkan kepada kakak2nya satu persatu,ada Kak Heri&Kak Amay(observer yang langsung mendampingi adik!hebat!),Kak Aldi,Kak Andi,Kak Bram,Kak Yamin,Kak Meida,Kak Babay,Kak Kandi,Kak Awe,Kak Eka,Bu Tini,Kak Erik,Kak Dimas,Kak thatha,Kak rifa dan Kak Ibun. Setelah itu adik2 diceritakan tentang 3 gizi utama yang dibutuhkan oleh tubuh dan zat2 lain dalam makanan.

siapa yang tahu 3 gizi utama dalam makanan?

halo adikadik!

Setelah pengenalan dan cerita tentang makanan,kakak dan adikadik bergiliran jalan keluar halaman sekolah untuk bermain olahraga sambil menari nama permainannya cabucaca. Adikadik antusias mengikuti gerakan kakak-kakak sambil bernyanyi cabucabucacaca~cabucabucacaca~.

cabucabucacaca! cabucabucacaca!

Semakin semangat setelah bermain cabucaca adikadik dengan semangat yang menggebugebu mulai saling bercerita dengan kakak-kakak dan mencari tahu ada apa ya dalam makanan kemasan yang biasa mereka makaaan?

setelah bercerita adikadik mulai mencoba memilahmilih jajanan yang menurut mereka baik dan layak di konsumsi!waaah ternyata adikadik di SD Pardomuan pintar-pintar memilih makanan yang baik loh!

Ternyata bagi adikadik tidak cukup hanya memilih,membeli an memakannya. Mereka juga ternyata berbagi cerita sama temantemannya mengapa mereka memilih jajanan tersebut!wiiiiiiw..

Setelah beres berkegiatan adikadik juga diajak untuk ber-earth hour-ria nanti malam dan satu persatu dibagi ular tangga bijak energi oleh Kak Awe!

 

yeaaaaaay!

Ternyata kegiatan hari ini begitu penuh energi baru baik dari kakak2nya juga dari adik2nya. Sangat bersyukur dan bangga dengan kakak2 penamping yang begitu kooperatif berkegiatan bersama adikadik an tetap bersemangat sampai detik terakhir.

Edukasi kreatif hari ini di tutup dengan kakak2 pendamping yang bertanding pahebat-hebat konsentrasi dengan main cabucaca LAGI. Kata lelah tidak pernah sebanding dengan asyiknya beredukasi kreatif. Dengan ini saya nyatakan Edukasi Kreatif “Ada Apa Dalam Makananku” : tsah!cooool abis!

gak percaya?silahkan lihat (klik) video berikut. Selamat menikmati dan terimakasih.

video by: M.Ibnu Lukman

 

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: