profil: Dimas Sandya

Dimas Sandya: Program manager Komunitas Sahabat Kota

Dimas Sandya

”saya lebih suka cimol dibandingin cireng dan cilok…”

Dimas, bungsu dari 2 bersaudara ini merupakan salah satu orang yang sangat  sibuk di komunitas sahabat kota. Walaupun Dimas mengaku aktivitasnya di KSK sebagai tukang sapu sekolah, menghubungi sekolah dan disuruh-suruh bikin kegiatan sekolah, namun aktivitas sebenarnya adalah merancang dan menjalankan seluruh produk dan program KSK di tahun 2011.  Walaupun banyak sekali menjalankan kegiatan di KSK, namum Dimas mengaku kegiatan yang paling disukainya adalah maket kota impian. Aktivitas membuat maket dari bahan bekas untuk visioning kota  Bandung ini dianggap mampu memfasilitasi salah satu mimpinya yang sebelumnya belum terwujud.

Kesan pertama yang Dimas dapatkan tentang KSK adalah ramah dan inklusif, KSK dianggap sebagai komunitas yang terbuka terhadap orang baru dan mengapresiasi potensi anak muda. . Dimas merangkum KSK ke dalam 5 kata yaitu: Muda, aktif, kontributif , bermain dan belajar.

“Kita tuh orang yang bersahabat dan berbuat sesuatu untuk kota kita”,
begitulah Dimas menyimpulkan pemahamannya tentang KSK.

Ditanya apakah Dimas cinta mati terhadap KSK , jawabannya sangat tegas dan
apa adanya :
“Tidak! Kagak kale gua kaga cinta mati sama KSK.. ”
namun demikian sebenarnya Dimas sangat menghayati perannya sebagai program manager, khususnya edukasi kreatif. Terbukti Dimas sudah enggan lagi memakan jajanan seperti kripik setan dan gurilem setelah mempelajari tentang zat aditif dalam modul edukasi jajanan sehat sahabat kota.

Yah itulah Dimas, Program Manager KSK. Cinta matinya ternyata ada pada Bandung. Semua yang berhubungan dengan Bandung. Dimas memang lahir di Bandung dan besar di Bandung, awal mula berkegiatan di Komunitas pun karena suka hal-hal yang berbau Bandung. Dimulai dari part timer Mahanagari, Komunitas Aleut, Bandung Trail hingga ujung2nya tersesat di Komunitas Sahabat Kota.
Semua komunitas ini Dimas tegaskan: “..Memiliki nuansa bandung yang sangat kental yaitu nyaman dan humanis, sehingga memfasilitasi munculnya ide-ide kreatif dari anak muda..”

Kedapan Dimas berharap KSK dapat menjadi one stop community, dimana KSK dapat memfasilitasi passion dan interest anak muda untuk berkontribusi terhadap kotanya, juga dapat menjadi media informasi bagi anak muda untuk mengenal komunitas lain yang sesuai dengan passion dan interestnya. Lebih spesifik dari itu, Dimas sangat berharap KSK mampu menginisiasi lebih banyak ekstrakulikuler edukasi kreatif di lebih banyak sekolah. Sehingga lebih banyak lagi dijumpai pendidikan yang asik dan terintegrasi bagi adik-adik
pada tiap akhir pekan yang dijalankan oleh anak-anak muda kreatif Bandung.

demikianlah profil salah satu pengurus Komunitas Sahabat Kota, Dimas Sandya, ditulis oleh Agni Yoga Airlangga.
Dan sekedar trivia: DIMAS ULANGTAUUN boo, HARI INIII! 😀 20 april..
sebagai kado, inilah testimoni singkat dari beberapa relawan Sahbat Kota tentang Dimas!

Aldi: Belagu jutek anak 940L
1st impression dari Babay: semangat, fokus, danlap yang oke, aktif
Awe:  Centil! hahahahaha..
1st impression dari Ibun: Dimas orangnya kemayu
Kandi: Cerewet dan banyak ide
Untuk Dimas dari Haris: muka jowo totok, ramah, rada rada feminin ya..hehe. oia satu lagi..dan seperti ranting, alias cungkring sama seperti saya juga..hihi..
Yamin: hmm..Dimas tu “kakak”  banget. merangkul banget ke temen-temennya. dari awal keliatan banget orang yang ceria. selain itu dia imajinatif banget. tapi ada satu kekosongan dimatanya. mungkin sebuah cinta akan membuat mata redupnya menjadi bercahaya. #naon. haha.
Mita:  Dimas tau banyak banget cerita anak anak KSK, tapi anak anak ga ada yang tau cerita Dimas! haha. Ma’comblang, cerewet, sensitif dan peka orangnya, pinter ga bisa diem dan kebanyakan ide, kurang bisa galak..dan..NYEBELIN! ya, seperti kebanyakan sahabat-sahabat di kanan kiri mu, mereka menyebalkan..tapi itu berarti kita menyayangi mereka, bukan? :]

well anyway,

Selamat Ulangtahun Dimas!
walau pun kamu mau pergi untuk mengejar cita-cita dan pengalaman yang lebih besar, kamu akan tetap berada..di..hati kami..dan itu tidak mengubah kenyataan bahwa kamu menyebalkan!

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

One comment

  1. saya suka Dimas (dalam artian Sahabat).
    ramah dan suka ngorek-ngorek rahasia hati orang. tapi klo rahasia hatinya sendiri susah banget dikorek.

    😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: