Acara Liburan

Kisah Sahabat Kota: Legenda Hutan Kareumbi

Hidup selaras dengan alam merupakan kebutuhan yang mendasar bagi manusia.Telah terbukti secara ilmiah bahwa kedekatan dengan alam memberikan dampak psikologis yang sangat bermanfaat bagi manusia. Dalam psikologi dikenal pula istilah nature-deficit disorder, suatu fenomena kehidupan modern di mana anak-anak mengalami berbagai permasalahan perilaku karena interaksi mereka dengan alam sangat terbatas.

Belajar menerima dan bersahabat dengan alam dapat memaksimalkan fungsi panca indra dan membantu anak mengembangkan berbagai keterampilan, baik fisik maupun mental. Alam terbuka dengan segala dinamikanya memberikan pelajaran tentang bagaimana mengatasi tantangan dan bertahan dalam kondisi yang berat. Alam mengajarkan kejujuran dan kemurahan hati tanpa memandang pangkat maupun jabatan. Karena itu, kedekatan dengan alam sesungguhnya dapat memberikan pelajaran berharga bagi proses tumbuh-kembang anak, mengembangkan ciri-ciri karakter positif seperti percaya diri, kemandirian, daya juang, kemampuan bekerja sama memecahkan masalah, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Lima sampai enam tahun ke depan, anak-anak yang menjadi sasaran kegiatan ini (usia 8-12 tahun) akan mengalami usia awal remaja, suatu masa di mana anak akan menghadapi banyak konflik yang terkait dengan pembentukan citra diri. Dengan penguatan karakter sejak dini, diharapkan anak dapat melalui masa-masa tersebut dengan baik dan berkembang menjadi pribadi yang optimal sesuai potensinya.

Tujuan
Memberikan pengalaman positif berinteraksi dengan alam, sehingga berdampak mengembangkan karakter dan meningkatkan rasa cinta lingkungan sebagai bekal bagi anak untuk menghadapi konflik di masa depan.

Waktu dan Tempat
Hari / Tanggal : Minggu-Kamis / 26-30 Juni 2011
Tempat                : Bandung dan Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi

Deskripsi Kegiatan

Legenda Hutan Kareumbi
Rangkaian acara Legenda Hutan Kareumbi terbagi menjadi dua tahap, yaitu pembekalan dan petualangan alam terbuka. Tahap pembekalan diselenggarakan di Bandung, sedangkan petualangan alam diselenggarakan di Kawasan Konservasi hutan-gunung Kareumbi-Masigit.

Selama pembekalan, anak mempelajari berbagai pengetahuan dan keterampilan yang berguna saat berkegiatan di alam terbuka, seperti navigasi sederhana, packing barang pribadi, dan etika terhadap alam. Pengembangan karakter dan wawasan lingkungan juga ditanamkan melalui berbagai permainan serta kegiatan kreatif yang menyenangkan, di antaranya kerjasama membuat pertunjukan.

Tahap petualangan di Kareumbi-Masigit lebih pada eksplorasi dan permainan lapangan yang mengasah kemandirian, daya juang, kreativitas, kerja tim dan rasa cinta pada alam. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan di antaranya menginap di rumah pohon, mission game, bermain bersama anak-anak Desa Cigumentong, dan malam api unggun.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk role-play dongeng Legenda Hutan Kareumbi, di mana anak mengambil peran utama sebagai sahabat alam.

Kelas Hastakarya
Diperuntukkan  bagi adik-adik usia 6-8 tahun yang belum bisa pergi camping, tetapi ingin mengisi liburan dengan kegiatan seru untuk bisa menjelajah lingkungan sekitar, membuat aneka macam kerajinan, dan bermain dengan mainan hasil karya sendiri. Makin kreatif, makin imajinatif, makin asyik!
contoh aktivitas: membuat topeng, membuat peta interaktif, papier mache, dan bendera koinobori. 

Biaya
Legenda Hutan Kareumbi: Rp 500.000
Kelas Hastakarya                : Rp 200.000
 

link formulir liburan
FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: