Refleksi lebaran lewat Edukasi Kreatif

Hallo temen2.

Lebaran kali ini kami ga buat kartu , tapi dari foto2 kegiatan sahabat kota yang telah berjalan, kami membuat sedikit refleksi tentang lebaran. Izinkan kami sedikit mendongeng tentang Edukasi Pembangunan Berkelanjutan dan maknanya bagi lebaran  😀

Mohon maaf lahir batin. Minal Aidzin Wal Faidzin.

Salam- Sahabat Kota

“Setiap adik yang ikut kegiatan Sahabat Kota memaknai Edukasi Pembangunan Berkelanjutan dengan caranya masing-masing”

#RefleksiLebaran & ESD : Kesehatan

Puasa bikin sehat? Kalau lepas sebulan puasa dirayain dengan makan dan nyemil dengan kalap, kayanya percuma juga ya puasanya. hehe

Puasa Syawal dan senin kamis jadi solusi yang baik bagi tubuh kita supaya ga kaget dan juga melatih kita untuk ga rakus pasca lebaran (back to bad habit)

“Lewat edukasi kreatif jajanan sehat, Sahabat Kota memfasilitasi adik untuk mengenal kualitas jajanan di sekolah..”

#Refleksi Lebaran & ESD  : Kesehatan  dan toleransi

Gimana Idul Fitri dianggap sebagai hari yang suci? Habis beres shalat ied, langsung nyalain rokok sambil dengerin ceramah.

Walaupun rokok makruh, tapi asapnya haram bagi kesehatan dan orang lain punya hak untuk hidup sehat dan suci sesuai makna lebaran 😀


“Di setiap momen acara Edukasi Kreatif, Kakak Fasilitator dan adik selalu belajar untuk saling menghargai satu sama lain…”

#RefleksiLebaran& ESD : Refleksi diri dan saling menghargai satu sama lain

Ibadah puasa menjadi berkah? Kalau dirayain dengan ugal-ugalan, teriak-teriak, eforia, bakar petasan, ganggu orang pada malam takbir.Bakal jadi berkah ga ya?

#kembali ke fitrah itu suci, kayanya  makin kalem, relektif. Bukannya  ganggu ketenangan orang  orang dan konvoi bikin macet jalan…

“Gelang persahabatan di Kisah Sahabat Kota 2..memaknai arti persahabatan ..”

“Game Ice Breaking, mengajak adik untuk meningkatkan kebersamaan, mengasah toleransi..”

#RefleksiLebaran  & ESD : Konsitensi , integritas dan keberlanjutan berbuat baik

Bangsa mau maju? Kalau nganggep bulan ramadhan jadi bulan pencucian dosa-dosa (korupsi, maksiat, maling, dll) dan ngelakuin lagi budaya buruk di 11 bulan lainnya? Jadinya orang2 hanya sembunyi aja ama Ramadhan..ga ada yang istimewa di ramadhan kalau perilaku buruk diulangi lagi.

Ramadhan itu bonus, bagi orang yang bener-bener beribadah dan menegakkan agama di 11 bulan lainnya.

“Adik-adik ga pernah nyontek kalau membuat karya, pendidikan berbasis kreatifitas dan fasilitasi, mendorong anak untuk menjadi kreatif dan membangun integritasnya sendiri”

#RefleksiLebaran  & ESD  : Empati dan komunikasi

Apa makna silaturahmi? Kalau mudik lebaran jadi wajib hukumnya, sampe bikin repot bangsa dan negara.  Apa makna silaturahmi? Kalau mudik lebaran jadi satu-satunya kesempatan buat ketemu ama keluarga, padahal banyak waktu dan cara lain buat bersilaturahmi

Ga ngelarang mudik kok, tapi mudik dan ukhuwah-silaturahmi ga harus pada momen yang sama dan jadi membebani bumi .. 😀

“enak juga nih kalau mudik ga saat lebaran , keretanya kosongg..:D  , foto diambil dari perjalanan menuju kareumbi sambil mengenal dunia kereta api..”

“silaturahmi bisa dibangun dimana aja, kapanpun dengan cara apapun..”

#RefleksiLebaran  & ESD : Konsumerisme dan over konsumsi

Sekali lagi, gimana mau kembali ke fitrah? Kalau selesai puasa malah kalap belanja, segala sesuatu harus (wajib) baru dan terjebak dalam kosumerisme berkedok lebaran, heheh 😀

“Makan bareng di Kareumbi , memaknai kebersamaan, refleksi untuk menghargai makanan yang kita dapatkan ..”

“Game pohon-tupai-pemburu , menanamkan nilai ekologis dan pembangunan berkelanjutan dengan cerita interaksi antara si pemburu (rakus) , tupai (penghuni hutan) dan pohon (ekosistem)

Mari memaknai kebersamaan dalam lebaran …

Special thx to kang ibun atas foto2nya yang luar biasa 😀


Foto kang ibun dan kegokilannya ..

Salam- Kru Sahabat Kota

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

One comment

  1. Aline

    Super nice!
    Lebaran itu bukan waktunya hura-hura tapi berbagi cerita.
    bukan sekedar minta ampun tapi juga belajar benar-benar hidup rukun.

    merayakan kemenangan dengan kesederhanaan.

    met lebaran, kawan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: