Jalan Kaki Yuk!

Teman-teman tahukan kalau berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh juga bisa membuat kita merasa bahagia dan terhindar dari stress? Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Texas menyimpulkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa mengurangi depresi dan stres.
Bahkan studi Universitas Temple menyebutkan berjalan kaki 90 menit selama lima kali dalam seminggu bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, karena tubuh manusia memproduksi endorphin, yaitu semacam hormon yang membuat orang menjadi bahagia. Woooooow!Oiya teman-teman menurut saya, Kota Bandung ini cukup bersahabat loh untuk berjalan kaki. Rumah saya yang terletak di Bandung paling ujung membuat saya tertarik mencoba beberapa hal salah satunya jalan kaki jauh. Yuk kita jalan kaki! eits! Tapi sebelumnya lihat dulu tips2 berjalan kaki jauh berikut!

  1. Carilah Teman, Sepakati Tujuan.

Berjalan kaki mungkin bisa menjadi salah satu agenda bermainmu dengan teman-temanmu  untuk seru-seruan. Tapi bagi teman-teman yang suka bermain sendiri atau mau main sendiri juga tidak masalah, Berjalan kaki sendiri atau dengan teman-teman sama serunya ko!jangan lupa tentukan dulu tujuan teman-teman berjalan kaki mau kemana, ke tempat apa. Tentukan durasi perjalanan yang akan di tempuh disesuaikan dengan kemampuan teman-teman yah, jangan terlalu dipaksakan nanti malah gak seru kalau teman-teman pingsan dijalan hehehe. Kesepakatan ini sangat dianjurkan apalagi kalau teman-teman berjalan kaki beramai-ramai.

  1. Gunakan Pakaian Ternyamanmu!

Sebaiknya gunakan pakaian yang sekiranya dapat melindungi kulit kita dari sinar matahari yang menyengat, tapi tetap adem dan nyaman untuk dipakai bisa juga pakai topi atau hoodie untuk melindungimu dari sengatan matahari. Kalau perlu pakai sunblock.  Berjalan kaki jauh pasti akat membuat kita berkeringat jadi sebaiknya gunakan pakaian ternyamanmu yaah, Selain itu gunakan sepatu yang paling nyaman dan tahan lama untuk berjalan kaki. Boleh memakai sandal sekiranya sandal tersebut cukup tahan lama repot juga kan kalau sendalnya putus di tengah jalan.

  1. Perlengkapan

Karena sudah pasti akan kehausan maka teman-teman sangat dianjurkan untuk membawa botol minum sendiri dari rumah, selain mengurangi sampah plastik, membawa botol minuman juga mempermudah kita kalau mau minum. Misalnya kita sedang berjalan dan sedang tidak ada warung di sekitarnya mau gimana hayooooh? Jas hujan dan payung salah satunya merupakan benda yang dianjurkan untuk dibawa,kalau teman-teman berjalan kaki sendiri dianjurkan untuk membawa alat mendengarkan musik biar gak bosen dan yang paling penting bawa benda-benda yang diperlukan saja. Papan ski dirumah tidak perlu dibawa-bawa yah berat..

  1. Etika Berjalan Kaki

Sebagai pejalan kaki, kaum terlembut dijagad perlalulintasan sudah sebaiknya kita besikap mematuhi rambu lalu lintas demi keamanan dan kenyamanan semua pengguna lalu lintas. Jangan menyebrang sembarangan, kan ada zebracross dan jembatan penyebrangan. Berjalanlah di trotoar, dan ingan buahlah sampaah pada tempatnya jangan dibuang sembarangan atau bahkan dibuah ke tengah jalan dengan tujuan mendengar suara sampah kegiles mobil uuuuhhhh itu tidak keren!Jangan lupa sopan santun terhadap lingkungan dan warga sekitar juga wajib dilakukan saat berjalan kaki!

  1. Safety

Kota yang bersahabat bukan berarti akan seratus persen bebas kriminalitas maka sebaiknya teman-teman tetap tanggap dengan kondisi lingkungan sekitar yah.. Banyak loh yang sedang berjalan kaki lalu dijambret maka sebaiknya tidak berjalan terlalu dekat ke jalan lebih baik mendekati rumah-rumah atau solokan sekitar jalan untuk menghindari penjambretan.Tidak dianjurkan menggunakan barang-barang mewah yang mencolok.  Bila teman-teman punya alat perlindungan diri seperti bubuk merica atau gas air mata, boleh dibawa dan selalu siapkan di saku jikalau ada apa-apa mudah mengambilnya. Hindari jalanan yang terlalu sepi, yang teman-teman tidak ketahui wilayahnya..

  1. Take a shoot!

Kurang seru rasanya kalau petualangan teman-teman tidak diabadikan!membawa kamera bisa menjadi salah satu pelengkap serunya berjalan kaki jauh. Kalau sudah foto-foto jangan lupa share dengan kami yah! 🙂

Nah.. semua persiapan berjalan kaki sudah beres tinggal berangangkat! Tunggu apa lagi? Ayo kita bersenang-senang dengan berjalan kaki! 🙂

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: