Telat[dot]com

Dalam kehidupan sehari – hari manusia pasti pernah melakukan sebuah kesalahan, tak sesuai dengan  yang seharusnya dilakukan. Misalnya kita telat datang dalam suatu kegiatan acara (Hehehe…. :D) dan membuat orang lain menunggu, otomatis hal yang sangat mengganggu. Yap secara tidak langsung hal itu dapat merusak citra ataupun kepercayaan yang sudah diberikan orang – orang pada diri kita sendiri.

Kesalahan memang membuat kita belajar akan banyak hal. Dari kesalahan yang kita buat dapat membuat kita mengevaluasi diri kita sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Misalnya akhir – akhir ini kalo dateng ke suatau acara/pertemuan suka agak-agak ngaret, berarti harus belajar buat dateng tepat waktu dengan pergi lebih awal buat menghidari hal – hal yang tidak diinginkan, misalnya macet dijalan. Supaya datang tepat padawaktunya dan ga membuat orang lain menunggu. Karena menunggu adalah hal yang paling membosankan dan menjemukan. Bisa kita survey pada orang –orang! 😀

Telat juga dapat membuat kita dinilai sebagai pribadi yang tak konsisten, yang maksudnya tak bisa dipegang omongannya, dan itu membuat orang ogah buat percaya lagi sama kita. Karena kita kurang bisa komitmen sama apa yang sudah dijanjikan atau disepakati sebelumnya. Dan sekalinya orang udah ga percaya susah buat percaya lagi. Dan kepercayaan itu mahal pisan euy harganya. Padahal dengan kepercayaan orang dapat membangun banyak hal seperti hubungan yang sehat dan berkepanjangan.

Karena telat juga, bisa merasakan kerugian akan banyak hal. Misalnya, saat masuk kelas dan kita telat,otomatis itu mengganggu dosen saat memberikan kuliah dan merusak konsentrasi temen – temen yang lagi asyik menyimak kuliah serta kita juga ga ngerti apa yang dosenterangkan, jadinya kan ngezonk ditengah – tengah kuliah..hehehe…

So meskipun orang Indonesia terkenal dengan jam karetnya, tapi itu bukan budaya yang cukup baik pula guys dan tidak cukup patut dikembangkan. Lha kalo misalnya kita janjian jam 10.00, tapi dateng jam10.15 itu gimana hukumnya sedangkan lingkungan kita pun sama – sama telat? Nah agak – agak sulit menjawab pertanyaan itu, karena telat beberapa menit itu sama aja telat, nah jawabannya adalah balik ke diri sendiri lagi yang lain boleh telat sedangkan kita ga boleh. Karena kita harus nunjukkin kita itu berkomitmen dan tepat waktu.

Ngeh ga sih,telat itu kadang kita kurang disiplin waktu. Nah mulai sekarang yuk kita hilangkan kebiasaan jam karet dengan lebih disiplin waktu dan tepat waktu. Artinya kita membiasakan diri untuk menepati komitmen, bisa dipercaya,dan menjadi pribadi yang menyenangkan (alias ga kesel buat orang lain nunggu). Dan dengan disiplin itu kita bisa jadi pribadi yang lebih bertanggungjawab.

Oiya, tulisan ini dibuat bukan untuk ngejudge atau menyinggung siapapun yah, tapi cuma refleksi dan evaluasi dari kesalahan yang pernah kita buat supaya kita tidak melakukan hal yang sama..

AYO BUDAYAKAN TEPAT WAKTU ‼! \m/

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

One comment

  1. Jay

    Orang yang Disiplin Waktu ntah kenapa jadi orang yg Langka dan Spesial…
    Dan Semoga kawan2 KSK merupakan orang2 yg istimewa tsb.
    ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: