Dramatic Reading Sahabat Kota

yohoho!

Sahabat Kota baru aja ngerampungin acara seru lho:
Dramatic Reading dan Slam Poetry sambil piknik di hutan kota lebak siliwangi 😀

yang paling seru dari acara Sahabat Kota kali ini adalah: SPONTANITAS
yup, spontanitas.

spontanitas dari teman-teman yang waktu itu sedang piknik dan bersedia kami tarik bergabung dengan kami 😀 khihihihi.
dan tentunya, semangat spontanitas Dramatic Reading dan Slam Poetry pagi itu.

Apaan sih Dramatic Reading dan Slam Poetry itu? apa pula Def Poetry?

Dramatic Reading, dikenal juga dengan Oral Interpretation, masuk dalam kategori seni teater, kecuali ini dengan pembacaan teatrikal dari salah satu karya narasi yang dipentaskan dengan manuskrip di tangan. kalau lebih sesuai pakem lagi, dipentaskan dengan panggung kecil dan musik; dan tentunya ruang teater lengkap dengan skrip, kostum yang sesuai, penataan cahaya panggung, dan latar belakang panggung yang mendukung adegan.

Slam Poetry, adalah sebuah kompetisi dimana para pesertanya membacakan atau mendeklamasikan (tanpa teks) sebuah puisi karangan sendiri. Slam Poetry ini kemudian menjadi sebuah Genre sendiri karena ke-khas-annya dalam menggunakan bahasa slank yang tidak lazim digunakan dalam penulisan maupun pembacaan puisi.
sedikit sejarah dari Slam Poetry, begini ceritanya: Marc Smith adalah tokoh yang tercatat memulai slam poetry di “Get Me High” Lounge di Chicago pada November 1984. Pada Juli 1986, slam poets ini pindah ke “rumah” permanen mereka di “Green Mill Jazz Club”
Pada 1990 National Poetry Slam pertama digelar di Fort Mason, San Fransisco. Pesertanya adalah tim dari Chicago, satu tim dari san fransisco, dan pujangga-pujangga individual dari New York. Di tahun 2010, National Poetry Slam sudah berkembang sampai melibatkan 80 team tersertifikasi di setiap perhelatannya, dan bisa mencapai 5 hari dalam penyelenggaraannya.
nah,  Def Poetry adalah acara televisi di HBO, yang menggunakan gaya Slam Poetry. di gagas oleh Bruce george, danny simmons, dan deborah pointer, dan diproduseri  oleh enterpreneur musisi hip hop Russel Simmons.

Terus apa kaitannya kegiatan ini dengan ESD alias Education For Sustainable  Development yang jadi roh dari Sahabat Kota?

Yang jelas proses seru dari Dramatical Read and Def Poetry ternyata
mengasah beberapa prinspi dasar dari ESD :
1. Partisipasi,
acara ini terasa serunya terlebih karena partisipasi aktif dari teman-teman Sahabat Kota, maupun peserta dadakan pagi itu. juga sharing narasi dan puisi yang dibedah dan ditampilin bareng-bareng.
Lewat aktivitas ini kami mengajak orang untuk saling berpartisipasi dan mengapresiasi satu sama lain.

2. Building partnership
Yess, kegiatan ini jelas perlu kekompakan dan komunikasi yang tek-tok dan kompak. secara spontan ngehasilin karya sastra bareng, kita mulai ajak teman-teman untuk memupuk kerjasama dan membangun teamwork dengan cara yang asik dan seru!

3. Envisioning : visi perubahan
Yup, kami melakukan kegiatan ini sambil pikinik di taman Hutan Kota Lebak Siliwangi yang konon mau dicaplok pihak swasta untuk kepentingan pribadi semata, dengan berkegiatan di tempat ini, kami menanamkan mimpi perubahan kepada teman-teman dan masyarakat, bahwa Taman Hutan Kota Lebak Siliwangi adalah tempat kita bersama! tempat kita untuk berbagi, berkarya dan kita jaga bersama!

tim Dramatic Reading Jembatan Babakan Siliwangi

coba tengok keseruan Dramatic Reading kali ini di blog nya Kak Ibun dan di album Sahabat Kota

ga cuma belajar teori, kita langsung praktek lho! lengkap bersama kostum nya 😀
dan tentu nya hadiah a la Sahabat Kota sebagai bentuk apresiasi seru 😀 

terimakasih tentunya untuk kak Ibun dan teman teman yang berpartisipasi 😀

Nantikan kegiatan2 kami yang bertemakan ESD lainnya ya!

Sahabat Kota : mentransformasi nilai-nilai Education For Sustainable dalam kegiatan edukatif lokal yang asik dan kreatif 😀

yuhuuuuuu!

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: