Mengenali Tindak Kriminalitas di dalam Angkot dan Cara Mengatasinya

Teman-teman, sekarang ini marak sekali ya kriminalitas di dalam angkot, yuk kita kenali apa saja kriminalitas di dalam angkot dan bagaimana cara mengatasinya!

Sebagai pengguna kendaraan umum paling lumrah, saya pernah mengalami beberapa tindakan kriminalitas di dalam angkot. Namun, semua itu bisa kita atasi dengan adanya kepedulian dari seluruh pengguna angkot. Yuk mulai peduli untuk menciptakan berangkot ria yang bersahabat!

Dari mendengar kasus kriminalitas dan hal-hal yang tidak menyenangkan di dalam angkot, ternyata saya tahu ada 3 kriminalitas yang paling sering dikeluhkan masyarakat yang menggunakan angkot. Apa sajakah itu?

1.      Copet/pencurian dan tindak pemerasan

Sudah tak jarang kita mendengar kasus kehilangan barang di dalam angkot. Dari hasil obrolan dengan salah seorang sopir angkot jurusan Cicaheum-Ciroyom, ternyata pencopetan didalam angkot itu bermacam-macam tidak hanya penumpangnya yang menjadi korban, bahkan supirnya pun kerap kali menjadi korban. Pencopet didalam angkot biasanya membawa barang2 besar seperti tas atau helm untuk menutupi tindakan pencopetan. Mereka menutupi tangan mereka yang sedang merogoh tas penumpang. Beberapa pencopet menggunakan beberapa cara untuk mengalihkan perhatian korban misalnya dengan cara pura-pura muntah atau keram. Kalau ada kejadian seperti itu, harus mencurigai keberadaan komplotan copet di dalam angkot. Bisa jadi mereka lebih dari satu orang yang duduk menyebar dan pura-pura tidak saling mengenal satu sama lain.

Selain itu ada juga pembajakan angkot yang pernah terjadi di angkot Cicadas-Cibiru, dimana seseorang membawa senjata berapi dan mengubah jalur angkot ke daerah yang sepi agar secara leluasa untuk memeras habis isi tas penumpang dan uang supir. Teman-teman sebaiknya tidak menggunakan barang-barang yang mencolok di dalam angkot misalnya mengeluarkan alat-alat elektronik dan menggunakan perhiasan berlebihan. Hati-hati juga, keasyikan bermain handphone di dalam angkot bisa mengalihkan perhatianmu terhadap perilaku orang lain di dalam angkot. Bukan tidak mungkin handphonemu selamat tapi dompetmu hilang, jadi tetap waspada ya!

Selain itu jika kamu mulai melihat ada perilaku orang yang mulai janggal segeralah turun di dekat polisi dan jangan langsung bayar angkot, tapi laporkan dulu ke polisi dan minta polisi untuk mengecek. Yakinkan dulu kamu melihat secara pasti bahwa ada seseorang yang akan mencopet yah! Jika benar seseorang memang berniat untuk mencopet, melihat polisi pun pasti dia akan gelisah. Jika tidak ada polisi di sekitarnya, laporkan saja kepada supir angkotnya dengan harapan si supir angkot menurunkan si penumpang copet tersebut. Hal ini pernah dilakukan teman saya, melaporkan copet ke supir angkot, alhasil si copet diturunin di tengah jalan.

2.     Exhibitionist

Perilaku yang sangat mengganggu dengan memperlihatkan alat kelaminnya kepada orang lain di dalam angkot. Ini nyata loh! Beberapa teman telah mengalami secara langsung. Tindakan ini sangat mengganggu dan bagi para perempuan pasti ini menyeramkan. Perlu diketahui bahwa exhibitionist ini seringkali melakukannya saat di dalam angkot hanya tersisa 2-3 orang dan isinya perempuan. Hati-hati ya! Bila teman-teman mengalami hal ini, bisa mengadukannya ke supir angkot. Atau segera turun saja dari angkotnya.

3.     Pemerkosaan

Ini tindakan paling tidak manusiawi di dalam angkot. Perlu diketahui oleh teman-teman khususnya yang perempuan bagaimana ciri-ciri tindakan kriminalitas ini di dalam angkot. Tidak pernah diketahui secara pasti ciri-ciri orangnya namun kita perlu curiga terhadap angkot yang memiliki kaca yang gelap. Pelaku biasanya tidak sendiri dan seringkali melibatkan supir untuk melakukan tindakan ini. Hal yang paling penting adalah kita harus peduli dengan segala gerak-gerik orang-orang di dalam angkot. Jika hal ini terjadi, teman2 yang suka membawa parfum bisa menggunakan parfum tersebut untuk menyemprot mata pelaku dan segeralah turun dari angkot. Teman-teman juga bisa segera berteriak sekencang-kencangnya agar menjadi perhatian warga dipinggir jalan. Terutama jika ada polisi disekitar tempat tersebut teman-teman silakan langsung berteriak minta tolong. Alat pengaman diri sendiri juga sangat dibutuhkan misalnya gas air mata atau semprotan merica. Namun jika teman-teman tidak punya, alat-alat yang bisa membantu teman-teman adalah parfum, pensil, garpu, ujung payung dan tentunya self defense dari diri teman-teman.

Kita tidak pernah tahu kapan kejahatan akan dating menghampiri kita. Alangkah baiknya apabila kita mengenali dan tahu bagaimana cara mengatasinya. Selamat jalan teman-teman yang akan berpergian menggunakan angkot. Ingat! Kejahatan itu hanya bisa diatasi oleh kepedulian kita terhadap tindakan kejahatan tersebut! Mari wujudkan angkot yang aman dan bersahabat!

Ditulis Oleh: Shomiyatul Aziza – Volunteer Manager KSK

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: