Bagaimana Cara Menolongnya Yaaah?

Sudah 3 hari ini di pasar yang biasa saya lewati ketika perjalanan menuju kampus, saya melihat seorang tuna wisma (orang yang tidak memiliki tempat tinggal) yang sepertinya jugs tuna grahita (orang yang memiliki gangguan kejiwaan) duduk terlantar dipinggir jalan. Dengan pakaian tebal terbuat dari keresek bekas yang menutupi tubuhnya, dia tetap tidur terlelap walau di atas kubangan bekas hujan yang mengaliri pasar.

Di hari pertama saat saya harus berangkat pukul 6 pagi dengan cuaca gerimis sisa hujan semalam, saya melihat orang tersebut sedang tidur terlelap diatas kubangan. Ya, kubangan. Sedih sekali, disaat kita mengeluh-ngeluh tentang hujan yang membuat kita malas bergerak dan hanya ingin bergulung diatas kasur berselimut hangat, ternyata ada yang tidur diatas kubangan yang tidak usah di tanyakan lagi pasti dingin dan tidak layak. Terlintas dipikiran saya untuk memberikan bekal makan saya, Cuma sepotong donat yang saya bawa hari itu dan ternyata ketika saya taruh di depannya, dengan lahap dia memakannya seolah baru kali itu lagi dia bertemu dengan makanan. Di hari kedua, ternyata dia masih bertahan di tempat itu, sekali lagi saya memberikan bekal makan saya yang hanya berisi beberapa biscuit dan lagi-lagi dia melahapnya. Ingin sekali saya menolong orang tersebut namun bagaimana caranya?

Teman-teman, pernahkan kalian merasa ingin menolong seorang tuna wisma yang juga tuna grahita namun tidak tahu bagaimana cara menolongnya? Mungkin itu yang saya rasakan saat itu. Akhirnya saya mencoba bertanya kepada beberapa teman tentang kepada siapa jika ingin melaporkan hal tersebut dan akhirnya salah seorang teman memberikan saya  nomor telepon Dinas SosialkotaBandung. Saya menelepon Dinas SosialkotaBandungdan ternyata di respon baik oleh mereka. Saya diminta menyebutkan tempat dimana orang tersebut berada, sudah berapa hari dia disana dan apa jenis kelaminnya lalu Dinas Sosial menjanjikan kepada saya akan ada orang dari Dinas Sosial yang menjemput orang tersebut. Sore sepulang saya kuliah, ternyata orang tersebut sudah tidak ada, semoga benar dia telah dijemput oleh Dinas Sosial.

Tahukan teman-teman mungkin memang tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk menolong orang dengan kondisi tersebut. Sebaiknya kita tidak gegabah menangani orang dengan kondisi tersebut sendirian, karena ada ahli yang memang sudah terlatih untuk menangani kasus seperti ini. Bagi kita yang belum terbiasa dalam penanganan hal ini, mungkin malah akan berbahaya bagi kita jika menanganinya sendiri. Selain itu, Orang dengan kondisi tersebut bisa jadi berpindah-pindah tempat, jadi pastikan dulu dia akan ada di tempat yang sama sampai akhirnya dinas sosial dapat menjemputnya. Tugas kita adalah melaporkan agar kasus ini bisa segera diatasi. Dinas sosial pun membutuhkan partisipasi teman-teman dalam memberikan laporan tersebut untuk mempermudah pekerjaan mereka. Jadi, jangan ragu untuk memberikan pertolonganmu yah teman-teman. Kota Bandung adalahkotakita yang bersahabat, mari kita wujudkan!

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda:

Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

(sumber: jalandakwahbersama.wordpress.com)

Jika teman-teman mengalami hal yang serupa bisa hubungi:
Dinas Sosial kota Bandung
Jl. Sindang sirna no 40 Bandung
Telp. 2013139
E-mail: sosial[at]bandung.go.id

 

Ditulis Oleh: Shomiyatul Aziza – Volunteer Manager KSK

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

2 comments

Leave a Reply

