Catatan Kidsventure Club: Menjelajah Kolong Pasupati

Halooo Jelajah Kota KSK kali ini menyusuri kolong pasupati loh bersama adik-adik! Mau tau kegiatannya apa saja? Yuk!

Sabtu pagi yang cerah kita berkumpul di patung D.A.G.O. Hari ini ada 13 adik yang ikut menjelajah. Adik-adik bagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok super kids dan kelompok pasupati rider. Setelah membuat yel-yel kelompok, adik-adik mulai melakukan misi pertama yaitu mendengarkan perintah RHK dan menuliskannya kedalam buku jelajah. Nah looooh, buat teman-teman yang suka melalui perempatan yang ada RHK nya apakah sudah tahu pasti apa kata-kata yang terdapat dalam pesan mengenai RHK? Jadi RHK itu apa adik-adik? Dengan serentak mereka menjawan Ruang Henti Khusuuuus!

Misi pertama berhasil! Karena para penjelajah sudah berhasil mereka berhak mendapatkan satu clue untuk menuju tempat selanjutnya, selama perjalanan menuju misi kedua, para penjelajah menemukan lubang yang terdapat di bawah jembatan pasupati! Lubang apa itu? Ternyata, lubang tersebut memang dirancang khusus agar para petugas yang menjaga kondisi jembatan pasupati bisa memeriksa kondisi jembatan dari dalam sehingga mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan. Wooooow! Kalau boleh ingin sekali ya naik ke atassana, tapi sayangnya karena di dalam gelap sekali dan mungkin saja ada cor-an yang letaknya tidak kita ketahui bisa berbahaya bagi kita yang tidak terbiasa. Ternyata ketika hamper sampai ke misi kedua, para penjelajah harus menyeberangi sungai beracun! Setiap kelompok hanya terdiri dari 6 orang dan mereka hanya dibekali 7 papan untuk menyeberangi sungai beracun tersebut! Ternyata para penjelajah memang pintar! Dengan cepat mereka mencari akal untuk menyebrangi sungai dan mendapatkan koin!

Setelah berhasil menyebrangi sungai dan mendapatkan koin, para penjelajah mencari tempat misi kedua ternyata adda di sebuah sumur yang tak terpakai lagi! Mereka diminta menyebutkan kembali perintah RHK dan mereka berhak mendapatkan celengan satu per satu. Dan mendapatkan clue untuk pergi ke tempat terakhir

Selanjutnya mereka pergi untuk mencari tempat terakhir, masih tetap menelusuri kolong pasupati lalu para penjelajah berhasil menemukan tempatnya!sesampainya disana, mereka langsung bermain pantai pasir bersama kak Atu. Setelah bermain, mereka menggambari celengan yang sudah diberi dan bercerita tentang aku menabung karena aku ingin membeli… (apa ya yang ingin adik-adik beli?).

Berakhir sudah kegiatan kali ini, semoga selalu menyenangkan dan akan selalu diingat oleh adik-adik penjelajah dan kakak-kakak pendamping. Sampai jumpa di Jelajah Kota berikutnya!

Selengkapnya, dokumentasi kegiatan ini dapat dilihat disini 🙂

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: