Catatan Lingkar Belajar Bulan Maret :)

Halo teman-teman! Lingkar Belajar bulan Maret kemarin membahas tentang beberapa model pemecahan masalah yang menjadi aset berbasis pemikiran! Wiiih… terkesan bahasan yang rumit ya? Ternyata enggak kok! Ini sangat menyenangkan dan aplikatif!

Pertama-tama sebelum kami memulai lingkar belajar, kami diminta untuk mendengarkan musik satu-persatu. Ketika mendengarkan music, kami diminta membayangkan lalu mengekspresikan kedalam tulisan atau gambar. Apa yang dibayangkan? Yang dibayangkan adalah kaitan kesan terhadap lagu tersebut beserta salah satu hal yang mencirikan diri sendiri.

Model yang pertama kita pelajari adalah The AI Model. Model ini digunakan untuk mengetahui jenis diskusi seperti apakah kamu? Pada model ini kita diberi suatu kasus mengenai kota Bandung. Setiap orang ditanya, apakah pendapatmu mengenai kota Bandung saat ini? Dan ini lah jawabannya:

Ternyata, di model AI ini menggolongkan suatu pendapat ke dalam matriks yang mengindikasikan pendapat itu ke 4 sifat yaitu negative, positif, konstruktif dan destraktif. Dari hasil diskusi kita dapat mengetahui bagaimana cara membuat mindset yang bersifat positif dan konstruktif sehingga kita bisa mengasah diri menjadi lebih solutif. Masih kesulitan untuk berpendapat lebih positif dan konstruktif? Dengan model ini akan mempermudah pola pikir kita untuk berpendapat. Karena mindset bukanlah suatu bawaan lahir teman-teman! Yuk budayakan berpendapat positif dan konstruktif!

Yang kedua adalah The John Whitmore Model. Model ini digunakan untuk mengetahui apakah kita telah mengejar suatu tujuan yang benar? Pada model ini, ada 14 persyaratan dan 1 peraturan yaitu:

Jika kita telah menentukan suatu tujuan, kita harus dapat membedakan tujuan tersebut apakah termasuk tujuan kinerja atau tujuan akhir. Kalau tujuan akhir, misalkan “saya ingin lari maraton” nah, tujuan kinerjanya adalah “saya akan lari pagi selama tiga puluh menit setiap pagi.” Sebuah tujuan harus SMART, PURE dan CLEAR. SMART berarti Spesifik, harus focus dan jelas. Measurable harus ada tolak ukurnya. Attainable, capailah! Realistic sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Time Phased, waktunya kapan? PURE sendiri berarti Positif, kalimat dari tujuanmu harus bersifat positif. Understood dapat dimengerti, Relevant berarti actual dan Ethical Norma etika. Dan untuk yang terakhir, suatu tujuan haruslah CLEAR yaitu Challenging atau menantang. Legal tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku. Environmentally sound yaitu selaras dengan lingkungan kita. Agreed disepakati atau dapat diterima. Recorded,tercatat!

Naaah… cara mudahnya adalah tuliskan tujuanmu pada sebuah kertas dan lihatlah langkah demi langkah dari tujuanmu, apakah berkorelasi dengan ke14 persyaratan tersebut atau tidak.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan: jika tujuan tidak mungkin tercapai, tidak ada harapan, dan jika tidak menantang itu tidak akan memotivasi kamu. Jika empat belas langkah sangat rumit untukmu,  ingatlah aturan dasar berikut ketika menetapkan tujuanmu! Aturannya adalah KISS! Keep It Simple Stupid! Hehehehehe.

Model-model apa lagi sih yang akan dipelajari selanjutnya? Stay tune terus di blog ini yaaahh… Karena masih banyak yang mau kita share! 🙂

 

 

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

2 comments

  1. ada peserta yang mencatatnya dengan sangat lengkap!! 😀 yang buat rani.. buka deh http://adriarani.blogspot.com/2012/05/belajar-permodelan-masalah-dan.html?spref=fb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: