Edukasi Energi bersama “Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”

“For a child there is no division between playing and learning; between the things he or she does ‘just for fun’ and things that are ‘educational.’ The child learns while living and any part of living that is enjoyable is also play.”

~Penelope Leach

——————–

Apakah Anda…
(A) Senang melihat anak-anak tersenyum?
(B) Ingin berbuat sesuatu untuk memperbaiki pendidikan?
(C) Ingin berbuat sesuatu untuk melestarikan lingkungan?
(D) Semua di atas?

Jika Anda menjawab ya untuk satu pilihan di atas, mari bergabung bersama kami!

Saat ini kami sedang mengembangkan modul edukasi bertema Energi, yang media utamanya berupa film animasi serial “Petualangan Banyu: Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”. Bersama dengan film ini, terdapat juga paket modul edukasi untuk anak-anak, berisi aneka aktivitas menyenangkan untuk mengenal serta memahami isu energi. Film dan paket modul tersebut dapat digunakan sebagai media pendidikan lingkungan hidup (PLH) baik di sekolah maupun di berbagai komunitas luar sekolah.

Dengan mendukung penggalangan dana ini, Anda telah melakukan tindakan nyata untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan, melestarikan lingkungan hidup dan menciptakan senyum di wajah anak-anak 🙂

Aplikasi Modul

Sabtu pagi. Hari ini Sugih, kelas 4 SD, tak sabar ingin cepat-cepat ke sekolah. Setelah sarapan dan memakai sepatu, disandangnya tas ransel di punggung lalu melesat keluar rumah. Di perjalanan ia bertemu dengan teman-temannya yang juga berjalan kaki dengan wajah cerah menuju ke sekolah.

Dalam rumah kontrakannya, Aline, mahasiswa 23 tahun, sedang bersiap-siap. Disambarnya ransel dan sepotong roti, lalu bersepeda menuju sebuah SD. Di sana telah menunggu teman-teman relawan dari berbagai kampus yang tergabung dalam Komunitas Sahabat Kota.

Di SD tersebut, Sugih, Aline, dan kawan-kawan lainnya berjumpa. Mereka berkenalan, bermain serta belajar bersama. Mereka menonton film edukatif “Petualangan Banyu” yang bercerita tentang lingkungan hidup, dilanjutkan dengan menjelajahi lingkungan sekitar sekolah mereka. Kakak-kakak relawan mendampingi adik-adik SD agar mereka bisa belajar dengan senang dan aman.

Demikianlah suasana program edukasi yang biasa kami selenggarakan. Dalam program ini, kakak relawan dari berbagai SMA dan kampus berinteraksi dengan adik-adik usia Sekolah Dasar untuk belajar mengenal serta menyayangi lingkungan hidup.

Berbagai tema telah kami buat, antara lain tentang Air Bersih, Sampah, Pemetaan Lingkungan, juga MakananSehat. Program-program tersebut telah menyentuh lebih dari 2000 anak di kota Bandung, juga diterapkan oleh kawan komunitas di daerah lain seperti Bogor, Yogyakarta, Aceh, dan Balikpapan. Tak ada yang lebih menyenangkan daripada menyaksikan anak-anak bermain dengan gembira, dan tumbuh menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sekitar mereka.

Film Animasi yang Telah Ada

Film Petualangan Air

Film Negeri Sampah

Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai project ini, dan bagaimana caramu berdonasi!

 

Salam Kolaborasi!

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: