Mari Mengenal Energi!

“Wah gawat, seluruh lampu di kota padam karena kehabisan energi listrik. Aktivitas komunikasi dan transportasi pun ikut lumpuh. Bagaimana ini? Benarkah dunia kita sedang mengalami krisis energi?” tanya Banyu pada Elektra.

Seiring dengan berkembangan topik renewable energy atau energi terbarukan, akhir-akhir ini orang mulai sibuk mencari tahu lebih banyak tentang energi. Apa itu energi? Dari mana asal energi? Bagaimana cara memanfaatkannya dengan bijak? Apakah suatu hari energi akan habis?

Ya, pertanyaan-pertanyaan itulah yang seringkali hadir seputar keseharian kita bersama energi. Setiap saat, tentunya kita semua membutuhkan energi agar dapat tumbuh, berkembang, dan melakukan kegiatan sehari-hari. Saat kita berjalan kaki misalnya, tubuh memerlukan energi dari makanan yang kita makan. Bahkan saat tidur pun, tubuh kita tetap membutuhkan energi dari cadangan lemak untuk metabolisme sel.

Tak heran jika energi menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Energi juga umumnya digunakan untuk melakukan pekerjaan, seperti menjalankan mesin, kendaraan bermotor, alat elektronik, dan sebagainya. Oleh karena itu, jika kita masih ingat pelajaran sekolah dulu, simbol energi biasanya diwakili dengan W (dari kata work).

Satuan internasional yang dipakai adalah Joule. Namun di kehidupan sehari-hari kita lebih mengenal satuan kWh, k= kilo yang berarti 1000, W= Watt, h=Hour atau jam. Singkatnya energi bisa diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Bentuk energi biasanya berbeda-beda menurut keperluan dan ketersediaannya. Seiring dengan populasi manusia yang semakin meningkat, maka kebutuhan akan energi juga ikut bertambah secara signifikan.

Padahal tidak semua energi bisa diperoleh secara terus-menerus (terbarukan) seperti tenaga matahari, gelombang laut, angin, atau bio massa. Sebagian besar energi yang justru sering kita gunakan (termasuk untuk menghasilkan listrik) adalah jenis energi yang tidak terbarukan dari bahan bakar fosil seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

Nah, berhubung selama ini dunia sangat bergantung kepada bahan bakar fosil, maka krisis energi yang dihadapi dunia biasanya disebabkan oleh harga bahan bakar fosil yang melambung, akibat persediaannya yang semakin menipis dan terbatas. Itu sebabnya mengapa tukang nasi goreng di pinggir jalan bisa cemberut gara-gara harga minyak bumi dunia naik, karena dalam isu energi banyak hal yang saling berkaitan dan memepengaruhi satu dengan lainnya. Dari sinilah kemudian banyak orang menyadari pentingnya upaya penghematan energi, salah satunya dengan melakukan manajemen energi listrik.

“Begitulah Banyu, energi sebagai kebutuhan pokok manusia dapat ibaratkan sebagai uang. Jadi pemakaiannya haruslah bijaksana , produktif dan efisien. Apalagi sumber energi seperti minyak bumi cadangannya terbatas, jadi kita harus mencari alternatif dan jalan keluar untuk mengamankan kelangsungan persediaan energi. Mulai sekarang ayo hemat energi” jawab Elektra dengan penuh semangat.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: