Edukasi Kreatif: “Perancang Kota Cilik” [Oktober]

Wah ada kegiatan seru nih bersama Klub Kurcaci Cilik Oma Anna

Apa sih yang dilakukan??

Nah! kegiatannya adalah membuat maket lingkungan idaman, dengan seruan “Yuk, Jadi Perancang Kota Cilik!” mengajak adik-adik untuk membayangkan lingkungan idaman mereka. Membayangkan kembali tentang lingkungan yang mereka tinggali, bagaimana jadinya bila mereka bisa merancang kembali lingkungan mereka, apa yang akan mereka lakukan?  Lingkungan yang seperti apa yang paling mereka idamkan adalah misi utama mereka.

Kegiatan membuat maket ini diperseru dengan membuat maket secara bertahap di dalam pos-pos! Wow seperti Amazing Race!

Berikut detail kegiatannya!

-Pengelompokkan anak-anak:

Jumlah anak-anak sekitar 40 (10 anak kelas 1-2 SD, 30 anak umur 8-12) akan dibagi menjadi 4 kelompok; semua yang berusia 8-12 akan digabungkan dalam satu kelompok, dan sisa 3 kelompoknya adalah anak-anak kelompok usia kecil. Setiap kelompok akan didampingi oleh 2 kakak pendamping.

-Pengondisian:

Nah, jadi karena ada 4 kelompok, maka dibentuk 4 pos menggunakan lokasi di lapangan.  Jadi setiap kelompok bergiliran ke pos yang berbeda dengan pembuatan maket lingkungan idaman nya akan dibuat secara bertahap. Setiap kelompok berada dalam satu pos selama 20 menit. Pos-pos akan berada di keempat sudut lapangan.  Semakin seru karena untuk kelompok anak besar diberi tantangan lebih di setiap pos.

Pos 1: pos ‘bangunan’  — anak-anak membuat bagian bangunannya dulu dari keseluruhan maket, mereka disuruh membayangkan bangunan-bangunan yang ideal dalam lingkungan idamannya.

-Untuk kelompok besar (8-12) diberi tantangan lebih, untuk memikirkan lebih seperti “bagaimana susunan bangunan yang baik agar semuanya terkena sinar matahari?”

Pos 2: pos ‘alam’ — membayangkan dan membuat unsur-unsur alam apa sajakah yang ada di dalam lingkungan idealnya.

-Untuk kelompok besar akan diberi tantangan lebih seperti “bagaimana agar menjaga orang-orang di lingkungannya menjaga alamnya?”

Pos 3: pos ‘transportasi’ — membayangkan dan membuat unsur-unsur transportasi apa sajakah yang ada di dalam lingkungan idealnya, seperti rute jalan yang seperti apakah, jenis transportasi apakah yang boleh lewat di jalur tersebut.

-Untuk kelompok besar akan diberi tantangan lebih seperti ‘bagaimana caranya supaya di lingkungan kalian ga banyak motor ngebut berseliweran?”, “bagaimana dengan jalur pejalan kaki yang layak di lingkunganmu?”

Pos 4: pos ‘yang asyik lingkunganmu’ — membayangkan dan membuat ‘apa aja sih yang asyik menurut kamu yang bisa ada di lingkunganmu?’

-Untuk kelompok besar akan digali lebih dalam tentang mengapa mereka memilih hal yang ‘asyik tersebut’

Dan terakhir kami melaksanakan gallery time di garasi Oma Anna, disini tiap-tiap kelompok akan bercerita tentang maket hasil kreasinya!

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: