Lingkar Belajar “Urban Cycling”

Di Sabtu pagi yang cerah tertanggal 29 September 2012 kemarin, Lingkar Belajar siap dilaksanakan. “Urban Cycling” lah yang menjadi tema diskusi kali ini. Apa sih “Urban Cycling” itu? Kalau melihat arti dari kata perkata yakni Urban yang merupakan Kawasan Perkotaan dan Cycling sendiri yang artinya bersepeda, dapat disimpulkan bahwa Urban Cycling adalah kegiatan bersepeda di kota. Nah! itulah yang menjadi pembahasan seru pada Lingkar Belajar kali ini, bagaimana kota menjadi tempat yang cocok untuk bersepeda dan bagaimana masyarakatnya merubah pola keseharian berkendara dengan bersepeda sehingga tercipta kota yang ramah terhadap penghuninya…

Bekerja sama dengan @BikeBdg , materi Urban Cycling diberikan oleh Anugrah Nurrewa salah seorang urban cyclist @BikeBdg. Diskusi kali ini membahas tips” mengenai bagaimana berkendara sepeda di kota dan sesungguhnya sangatlah sederhana pelaksanaannya. Mungkin banyak orang yang berpikiran bahwa bersepeda itu…….

APAKAH AMAN? APAKAH NYAMAN?

Banyak yang menjadi pertimbangan ketika akan bersepeda, khususnya di perkotaan yang padat penduduk dan kendaraan bermotor seperti Bandung. Ketidakramahan lingkungan tempat kita tinggal memang menjadi kendala dalam bersepeda, namun dengan diskusi mengenai “Urban Cycling” ini kita jadi lebih sadar bahwa bersepeda di tengah kota banyak manfaatnya!

Manfaat “Urban Cycling” :

1) Ramah Lingkungan
2) Hemat Secara Ekonomi
3) Sarana Pembuka Jejaring Sosial
4) Berasa Keren
5) Lebih Cepat Dari Mobil (dalam keadaan macet)
6) Mengurangi Resiko Penyakit Hipokinetik

Nah! setelah tahu manfaatnya, ada beberapa hal yang harus kita ketahui dan kita miliki sebagai keahlian dasar bersepeda:

1) Aware, perhatikan sekitar! Selalu awas terhadap sklilingmu, dmn mbl, dmn mtr, dan dmn posisimu dan Jadilah pesepeda yg peduli dg sesama pengguna jalan!

2) Jagalah kendali dan keseimbanganmu, jgn melamun dan tetaplah menggunakan kedua tangan utk meng-handle sepeda

3) Pahami mengenai rem, jika ingin menghentikan laju sepeda ingatlah kurangi kecepatan (rem belakang) lalu baru berhenti (rem depan).

4) Jika akan berbelok berikan tanda kpd pengguna jln lain dg mengayuhkan tangan ke arah kanan/kiri, atau cukup dg menengokkan kepala

5) Hadapi tanjakan dan nikmati turunan, saat menghadapi tanjakan, percayalah bahwa setiap habis tanjakan pasti ada turunan 🙂 Semangat!

Tahukah kalian dengan bersepeda, kita justru akan menumbuhkan rasa cinta terhadap kota? Keramahan sesama penduduk kota, mengenal seluk beluk kota yg biasa tak terjamah mobil atau motor dan dengan bersepeda justru dapat meningkatkan awareness kita mengenai permasalahan kota seperti macet dan polusi.

Setelah berdiskusi ria tentu saja kami melakukan hal yang paling mengasyikan, yaitu BERSEPEDA!

Ready to Bike

Rest Area: Hutan Baksil

Menerobos ITB

 

Macet? Polusi? Galau? Bersepeda adalah salah 1 solusinya. Now its your choice! Be a part of solution or be a part of problem?

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: