ALUN-ULIN “Alun-Alun Keur Ulin”

TONGKILIT diambil dari dua kata, yaitu Tongkeng dan Alit, yang berarti Tongkeng kecil.

Menyambut terwujudnya taman ramah anak di Taman Tongkeng sebagai pilot project dari “Satu Taman Satu Komunitas”, Sahabat Kota didukung oleh Ikatan Alumni ITB 90,

bersama para desainer mengusung konsep Co Design ALUN ULIN untuk membangun playground di Taman Tongkeng. Anak-anak lokal diajak untuk menjadi Co Designer dalam mewujudkan playground tersebut.

ALUN ULIN Co Design workshop berlangsung dari tanggal 21-23 November yang dikemas dalam “Kisah Kerajaan Bermain Liliput”, dimana anak-anak membayangkan mereka memiliki teman liliput dan membantu teman liliputnya untuk membangun kembali Kerajaan Bermain yang telah hancur.Hasil dari workshop tersebut akan diceritakan oleh anak-anak dan para desainer dan Sahabat Kota yang membimbing mereka dalam proses kreatif di:

 Taman Tongkeng
 Minggu
25 November 2012
09.00 – 11.00

Hasil dari workshop kemudian akan diterjemahkan oleh tim desainer ALUN ULIN untuk diwujudkan menjadi playground Taman Tongkeng.  Adapun desainer ALUN ULIN adalah Aulia Amanda Santoso, Chaterine Tobing, Muhammad Hajid Annur, Mohamad Rizky Ardiansyah, dan play tutor Shomiyatul Aziza.  Segala proses kreatif ini tidak akan berjalan tanpa keterlibatan warga setempat (Kelurahan Merdeka) dan Ikatan Alumni ITB 90.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: