Kidsventure Club: Jelajah Kerajaan Jamur

Berawal dari sebuah poster merah yang saya lihat dari postingan teman, membawa saya pada sebuah pengalaman menyenangkan di hari Minggu kemarin (18 November 2012). Suatu petualangan edukasi bersama adik-adik yang ramai dan ceria, bertajuk Jelajah Kerajaan Jamur.

Pagi itu sekitar pukul 08.00, saya lihat adik-adik peserta Jelajah Kerajaan Jamur sangat antusias, tidak sabar ingin memulai kegiatan mereka di dalam hutan. Ya, Taman Hutan Raya Juanda merupakan lokasi petualangan jamur kami. Tak berbeda jauh dengan para pesertanya, kakak-kakak pendamping dari Komunitas Sahabat Kota pun nampak riang menyambut kedatangan adik-adik.

Setelah segala urusan registrasi dan pembagian kelompok, kami pun masuk ke hutan. Sebagai pengantar, kak Syaiful Garibaldi (yang biasa dipanggil Tepu) menjelaskan sedikit pengetahuan tentang perjamuran dan beberapa petunjuk bagaimana kita bisa menemukan jamur. Kegiatan mencari jamur pun dimulai.

Kata kak Tepu, jamur itu pemalu, dia bersembunyi dan hanya bisa dilihat oleh anak-anak yang giat serta teliti mencari jamur. Anak-anak pun segera berhamburan di antara pepohonan Tahura untuk mencari jamur, mulai dari mengais-ngais tumpukan dedaunan kering, menelisik sela-sela akar pohon, mengamati batang dan ranting pohon yang sudah mati, hingga kemudian mulai terdengar seruan seorang adik memanggil kakak pendampingnya, “KAKAAAK! KAAAAK! INI KAAAK!”, diiringi grusak-grusuk kawan-kawannya yang penasaran ingin melihat. Tidak mau kalah dari anak tersebut, anak-anak lain pun semakin giat mencari dan ikut berteriak memanggil kakak-kakak mereka, para kakak pendamping nampak cukup sibuk karena saking banyaknya penemuan adik-adik petualang, untunglah kecekatan kakak-kakak mampu menyeimbangi semangat petualang-petualang cilik tersebut. Bagi saya sendiri, ini merupakan pengalaman pertama saya berburu jamur. Sebelumnya saya hanya pernah membaca artikel tentang mushroom hunting di majalah, menonton videonya, dan membayangkannya saja, beruntung akhirnya kali ini saya bisa mengalaminya sendiri, hehe senangnya 😀

 

Ini dia hasil temuan para petualang kita!!

Setelah lelah berputar-putar di hutan, kami beristirahat dan disuguhi makanan olahan jamur, yaitu jamur krispi dan sandwich yang isinya nugget jamur! WOW! Buat yang belum pernah mencoba nugget jamur, pasti penasaran kan bagaimana rasanya. Ternyata rasanya tidak kalah enak dengan nugget ayam lho, teman-teman! Sambil bersantap siang, kak Robbi Zidna dan kak A.W. dari “Growbox” menjelaskan tentang kandungan jamur. Ternyata jamur mengandung protein nabati yang baik bagi tubuh kita lho!

Aaawmmmm yuuummy

Selain mencari jamur dan makan enak, kami juga melakukan percobaan membuat jejak spora dengan cara menaruh jamur di atas karton hitam dan membiarkannya di dalam kotak tertutup kurang lebih satu jam. Sayangnya karena waktunya tidak cukup, hasilnya baru bisa dilihat di rumah masing-masing.

Acara pun ditutup dengan berbagi cerita mengenai pengalaman hari itu, untuk pencerita terbaik, mendapat hadiah berupa sebuah growbox jamur dari “Growbox”.


Mereka sangat senang menerima growbox tersebut. Waaah, bisa masak jamur hasil panen sendiri nih! Hahahahaha.. Sungguh satu hari yang menyenangkan dan bermanfaat, terima kasih Sahabat Kota untuk kegiatannya yang sangat inspiratif. Sukses terus ya, kawan-kawan!!!

writer: Ismi Rahma

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: