ALUN ULIN “Kerajaan Bermain Tongkilit”

WORKSHOP TONGKILIT

DAY I “Refleksi Diri” Hari pertama workshop dibuka dengan storytelling tentang Kerajaan Bermain Liliput yang telah hancur karena perbuatan manusia.  Dalam storytelling diceritakan pula bahwa setiap anak memiliki teman liliput yang hanya mereka yang tahu namanya dan rupanya. Disini mereka diminta menggambarkan bagaimana rupa liliput tersebut dan kegiatan bermain kesukaannya. Dengan tujuan agar anak-anak dapat merefleksikan diri mereka yang bermain dalam gambar liliput yang mereka gambar.

Downloads

DAY II “Membangun Reruntuhan Kerajaan Bermain Liliput” Setelah anak-anak mengenal teman liliputnya dari Kerajaan Bermain Tongkilit, di hari kedua ini Kakak Atu dibimbing oleh Ciput (sang liliput) menemukan reruntuhan-reruntuhan dari Kerajaan Bermain Tongkilit di balik semak-semak yang penuh sampah.  Reruntuhan tersebut merupakan kertas-kertas dengan stimulus bentuk yang perlu diselesaikan. Setiap anak mendapatkan satu kertas untuk diselesaikan. Adik-adik diajak membayangkan dengan imajinasinya tentang kegiatan bermain apa yang bisa dilakukan oleh teman liliputnya. Kegiatan selanjutnya adalah menggabungkan reruntuhan per kelompok, untuk membayangkan bagaimana bentuk Kerajaan Bermain Tongkilit sebelum runtuh.

Downloads1

DAY III  “Mewujudkan Kerajaan Bermain Tongkilit” Berdasarkan denah/konsep yang telah dibuat oleh anak-anak di hari sebelumnya. Tantangan hari ini adalah bagaimana anak-anak dapat menjadikan Kerajaan Bermain Tongkilit menjadi nyata (3 dimensi) dengan adonan clay. Tujuannya agar anak-anak dapat benar-benar merealisasikan Kerajaan Bermain Tongkilit berdasarkan hasil pemikiran mereka di hari sebelumnya.

Downloads2

Video proses workshop Co Design ALUN ULIN bisa dilihat di link vimeo ini.

GALLERY TIME

3 hari sudah kita berkegiatan bersama adik-adik kelurahan Tongkeng, dimana kakak2 designer Aulia Amanda Santoso, Chaterine Tobing, Muhammad Hajid Annur, Mohamad Rizky Ardiansyah, dan play tutor Shomiyatul Aziza membimbing serta mengajak adik-adik untuk berimajinasi membayangkan dan merealisasikan imajinasinya membangun kembali tempat mereka bermain, yang disebut Kerajaan Bermain Tongkilit!

Setelah melalui tahap workshop yang diadakan dari tanggal 21 – 23 November 2012, kini saatnya GALLERY TIME (25 November 2012)! Prajurit Tongkilit hari ini menunjukkan karya mereka kepada teman-temannya di daerah sekitar Taman Tongkeng 🙂 selain itu hadir juga kakak2 alumni ITB 90 yang mendukung realisasi Kerajaan Bermain Tongkilit di Taman Tongkeng!

Terdapat 3 kelompok dengan desain Kerajaan Bermain Tongkilit nya masing-masing, ada Kelompok Gajah Abu-abu, Mangga Singa, dan Kelinci. Dan yang seru juga, ada kotak harapan lohh yang berkeliling mengajak adik-adik dan kakak2 yang datang untuk menuliskan harapan mereka tentang masa depan taman kota…

Tongkilit

Desain-desain hasil rancangan prajurit tongkilit ini tidak akan terhenti sampai disini, ketiga desain tersebut akan diterjemahkan oleh kakak2 designer menjadi Kerajaan Bermain Tongkilit yang baru! Wah akan jadi seperti apa yaaa Kerajaan Bermain Tongkilit yang baru tersebut?

Terus dukung pembangunan Kerajaan Bermain Tongkilit di Taman Tongkeng yaaa, dan nantikan kisah selanjutnya!

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: