“Menyelidiki Jejak Rahasia Elektra”

Halo! Ini dia kisah petualangan Kidsventure Club dengan tema “Menyelidiki Jejak Rahasia Elektra” pada Desember 2012 kemarin.

“Elektra? Siapakah dia?” pertanyaan tersebut selalu ada dibenak saya ketika melihat poster keren dengan sosok anak perempuan memakai kacamata dan jubah yang terlihat seperti pahlawan super! Ternyata betul, Elektra adalah pahlawan super penyelamat kota dari kegelapan yang merupakan teman baru Banyu dalam film animasi pada modul edukasi lingkungan terbaru yang bertemakan Energi, yang berjudul “Petualangan Banyu: Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”. Yang berbeda dari Kidsventure Club kali ini, kegiatan jelajah diadakan sehubungan peluncuran film animasi dan modul edukasi lingkungan bertema energi tersebut. Kidsventure Club menjadi rangkaian acara pembuka dari acara launching film animasi #PetualanganBanyu serial ketiga.

Kidsventure Club dimulai dengan berkumpulnya para petualang cilik di Taman Ganesha pukul 08.00 pagi. Indonesia Power yang berada di daerah Dago Bengkok adalah tujuan para penjelajah kali ini. Pertama-tama, sesampainya di Indonesia Power kami berada di pinggir kolam yang besar sekali yang disebut KTH, singkatan dari Kolam Tando Harian.

Kidsventure Club - Energi

Disini adik-adik bertemu dengan Pak Iwan Sukmana dari Indonesia Power yang menjelaskan mengenai sumber-sumber energi listrik, sumber energi listrik alternatif, alasan mengapa harus menghemat listrik, dan bagaimana cara menghemat energi listrik.

Picture3

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan melewati perumahan penduduk, Penjelajah Cilik menemukan gundukan-gundukan pipa yang menuju ke suatu daerah dan menemukan pipa besar berwarna kuning.

Hmmm pipa apa itu ya? Besar sekali, dan tunggu…… ada suara dari pipa tersebut! Para Penjelajah menempelkan telinganya ke pipa kuning itu, hmmm suara apa ini ya? Seperti suara air yang mengalir deras sekali, wah jangan-jangan ada hubungannya dengan Kolam Tando Harian tadi.

Penjelajah mengambil kembali kertasnya dan mencatat hal menarik kedua di penjelajahan kali ini. Para penjelajah cilik melanjutkan perjalanan menyusuri pipa kuning tersebut untuk mencari tahu kemanakah tujuan pipa ini. Jalanan yang dilalui cukup curam sehingga Penjelajah Cilik harus berhati-hati dan saling berpegangan dengan teman sekelompoknya.

Kidsventure Club - Energi1

Penelusuran pipa berakhir dan para petualang cilik diajak menonton bersama film animasi terbaru “Petualangan Banyu: Banyu dan Elektra Menyalakan Kota”. Mereka terlihat antusias dan mulai fokus menonton saat film mulai diputar. Setelah menonton, petualang cilik mengisi lembar kerja mengenai film di buku jelajah masing-masing.

Kidsventure Club - Energi2


Dalam kelompok kecil, adik-adik mendapatkan seperangkat games hemat listrik dan penggunaannya. Memainkan games lalu menuliskan semua jalan cerita games tersebut di buku jelajah. Setelah berhasil mengerjakan adik-adik mendapatkan badge sebagai reward.

Kidsventure Club - Energi3

Petualangan berakhir setelah para petualang cilik diajak mengamati cara kerja alat peraga sumber energi alternatif yang kemudian mereka menuliskan bagaimana cara kerja energi tersebut di buku jelajah masing-masing. Seru kaaan? petualang cilik sekarang sudah mampu menemukan jejak energi karena mengikuti tuntunan Elektra!

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: