Kidsventure; Menelusuri Rahasia Treinus

DSC_3895Di pagi hari yang cerah di halaman Gedung Indonesia Menggugat Kak Tika bercerita kepada adik-adik petualang di Kidsventure 4, “Tut tut tut… Tahu kah kalian suara apakah itu? Itu adalah Treinus. Treinus sekarang sedang kesepian, ayo ajak Treinus bermain! Dahulu treinus selalu dikeliling oleh manusia yang ingin pergi bersamanya. Di badan Treinus tidak pernah ada ruang kosong semuanya dipenuhi oleh manusia yang ingin pergi bersamanya. Tetapi sekarang ia tidak sepopuler jaman dahulu, ia tersisihkan oleh mobil–mobil pribadi, dan pesawat terbang. Padahal Treinus memiliki kelebihan dan rahasia looh. Mau tau apa kelebihan dan rahasia dari Treinus? Ayo penjelajah! Mari kita menelusuri rahasia treinus! Sebelum menjelajah, adik adik harus membuat yel dulu agar lebih bersemangat. Ayoo!!!”. Dengan penuh semangat adik-adik segera mendiskusikan yel-yel dengan kelompoknya masing-masing. Pada kidsventure kali ini, adik-adik Kidsventure Club akan bermain bersama adik-adik dari Jalan Lombok dan Lentera Hijau. Mereka sangat bersemangat karena mereka tahu bahwa pada kidsventure kali ini mereka akan pergi naik kereta.

Setelah selesai mendiskusikan yel-yel kelompok, mereka pun menampilkan yel-yel kelompok dihadapan teman-teman yang lain dan para kakak pendamping. Kemudian mereka membacakan janji petualang yang harus mereka patuhi selama menjelajah. Ketika mereka bersiap untuk berangkat, tiba-tiba ada seorang Pak Polisi yang datang menghampiri adik-adik petualang. Ternyata beliau adalah seorang polisi lalu lintas yang sedang bertugas disekitar Gedung Indonesia Menggugat. Pak polisi menyampaikan beberapa pesan kepada adik-adik, salah satunya ialah himbauan untuk menjaga lingkungan dan menjaga fasilitas umum yang ada disekitar kita. Hal ini juga berkaitan dengan penjelajahan hari ini. Semangattt berpetualang!

Seperti biasa, dalam setiap petualangan adik-adik harus menyelesaikan beberapa misi agar dapat sampai ke tujuan. Misi yang pertama ialah menemukan patung kereta api. Wah ternyata patungnya ada dipinggir jalan siapa pun dapat melihatnya, patung kereta itu berwarna hitam dan ada juga garis merah pada badan keretanya. Misi kedua ialah menemukan naga terbang, hmm… dimana itu? Ternyata memang benar ada patung naga terbang di atas atap vihara. Next, misi ketiga ialah menemukan toko Kak Tika. Memangnya Kak Tika mempunyai toko di daerah ini ya? Wah kawan, ternyata yang dimaksud  dari misi ketiga ialah toko kue Kartika Sari. Disana adik-adik harus meminta tandatangan dari siapa pun sebagai bukti bahwa mereka telah melewati misi ketiga tersebut.

Ada beberapa adik yang merasa lelah dengan perjalanan ini, namun adik-adik yang lain saling dan kakak pendampingnya selalu menyemangati termasuk ketua kelompok masing-masing. Misi yang lain ialah menemukan gapura pelangi. Disana adik-adik juga meminta tandatangan warga sekitar pada peta jelajah kelompok masing-masing. Akhirnya, kita akan sampai di pos pertama yaitu gedung putih. Nah, itu adalah gedung Gubernuran. Disana adik-adik bertemu dengan Kak Atu. Kak Atu menjelaskan tentang alat transportasi berikut perbandingan emisi gas buang yang dihasilkan masing-masing.

Selain mendapatkan pengetahuan adik-adik juga bermain bersama kelompoknya. Adik-adik harus menyusun gambar alat transportasi yang menghasilkan perbandingan gas emisi buang tertinggi hingga terendah. Dari mulai motor, mobil, angkot, bis, hingga kereta. Semakin banyak orang yang ada didalam alat transportasi tersebut semakin kecil perbandingan gas emisi buang yang dihasilkan. Jadi, lebih baik kita menggunakan transportasi masa agar emisi gas buang yang dihasilkan tidak terlalu banyak.

Pos terakhir ialah Stasiun Kereta Api Bandung. Adik-adik sangat senang bisa sampai disana. Pada pos tersebut adik-adik bermain bersama tema kelompoknya. Begini cara bermainnya, ketua kelompok akan ditutup matanya, sedangkan anggota kelompok yang lain harus memberi petunjuk bagi ketu kelompok agar dapat menempelkan gambar alat transportasi sesuai tempatnya. Misalnya, bis ada di halte. Games ini meningkatkan kerjasama kelompok. Selain itu juga agar adik-adik tahu tempat-tempat alat transportasi umum.

Setelah menyelesaikan beberapa misi dan melewati pos-pos, adik-adik istirahat sejenak di stasiun sambil menunggu kedatangan kereta. Ssst… jangan lupa janji jelajahnya ya, untuk membagi makanan dengan penjelajah lain juga untuk membuang sampah pada tempatnya.

Tut..tut..tut.. waah waktunya adik-adik dan para kakak pendamping menaiki kereta. Namun, hati-hati pada saat naik kereta dan selalu jaga barang-barang bawaan. Satu persatu dari penjelajah dan kakak pendamping menaiki kereta. Suasana di dalam kereta lumayan penuh dan sesak. Tetapi, adik-adik tetap bersemangat bahkan adik-adik bernyanyi dan bermain di dalam kereta. Wah kita mau pergi kemana ya? Tidak lebih dari 20 menit akhirnya adik-adik bersama kakak pendamping sampai di stasiun Cicalengka.  Disana adik-adik bermain, memperhatikan suasana stasiun kereta api, dan mengisi lembar evaluasi petualangan hari itu. Kawan, adik-adik sempat menjadi pusat perhatian orang-orang di stasiun Cicalengka lho! Saat adik-adik dan kakak pendamping bermain games pohon dan tupai. Waw seru sekali bukan?! Tunggu apa lagi, ayo ikut kidsventure berikutnya! masih banyak petualangan seru lainnya lho 😀

DSC_3824

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: