KAULINAN : MAGELANG, JAWA TENGAH

Apa yang tidak bisa terlepas dari kata “anak-anak”? Sudah tentu kata “main”! Anak-anak adalah ahli bermain: mereka bisa melakukannya di mana saja, kapan saja, dengan benda apapun yang mereka temukan.Karena anak-anak ada di mana-mana, permainan anak pun ikut berkembang di seluruh dunia. Beberapa permainan terdapat di berbagai daerah dengan nama yang berbeda, misalnya petak umpet dan engklek. Ada juga permainan yang khas di satu wilayah tertentu. Sebagian permainan menjadi makin langka karena pergeseran budaya, tergantikan oleh permainan baru. Namun satu hal yang tidak berubah (dan semoga tetap begitu): anak-anak akan selalu bermain.

Sahabat Kota mempersembahkan kategori “Kaulinan” dalam blog kami untuk mendokumentasikan aktivitas bermain anak di berbagai tempat. Mari menyelami dunia bermain anak: segalanya mungkin terjadi di sini!

Anak ayam – Anak ayam yang berciap lucu dengan bulu berwarna cerah dan halus seperti boneka. Selalu berhasil menawan hati anak-anak (walaupun kasihan anak ayamnya).

Image

Foto diambil di Pelataran Candi Mendut, 25 Mei 2013

 

Badak raksasa – Cukup tambahkan imajinasi pada terowongan ini, dan kita bisa menikmati serunya petualangan Pinokio yang ditelan makhluk raksasa.

badak raksasa

Foto diambil di Taman Kyai Langgeng, 26 Mei 2013

Bubble – Adegan ini pasti tidak asing: gelembung sabun ditiup, anak-anak berlarian mengejarnya. Ada keajaiban pada bulatan bening yang memantulkan warna-warna pelangi itu: begitu indah, namun begitu rapuh.

tukang mainan

 

Foto diambil di Taman Bada’an, 26 Mei 2013

Perosotan – Hebatnya anak: bermain di tempat yang bukan tempat bermain. Anak-anak ini sedang asyik meluncurkan barang-barang kecil di kaki menara Masjid Agung yang licin. Setelah beberapa lama, satu anak bahkan mulai memanjatnya.

perosotan

Foto diambil di Masjid Agung Magelang, 26 Mei 2013

Pesawat – Dengan imajinasi, anak-anak bisa bermain menjadi apapun yang mereka mau. Tetapi kalau ada alat bantu, permainan tentu akan makin seru, apalagi kalau ada benda aslinya! Ini adalah pesawat sungguhan yang sudah tidak berfungsi. Kalau masuk ke dalamnya, akan diperdengarkan bunyi mesin pesawat sehingga makin terasa nyata.

pesawat

Foto diambil di Taman Kyai Langgeng, 26 Mei 2013

Tukang mainan – Siapa orang kesukaan anak-anak? Tukang mainan! Lihat, dia selalu dikerumuni anak-anak ke manapun ia pergi.


tukang mainan

Foto diambil di dekat Candi Borobudur, 25 Mei 2013

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: