SUMMER CAMP SAHABAT KOTA 2013 : RIUNG GUNUNG; MARI REKA KOTA

SUMMER CAMP SAHABAT KOTA 2013

“Riung Gunung; Mari Reka Kota”

Pameran Proyeksi Bandung 2035, Kota Impian Anak-anak

Pembukaan Pameran:

ImageMinggu, 7 Juli 2013

Pukul 16.00 WIB s.d selesai

Dibuka dengan pertunjukan Dramatic Reading

Di Amphiteater – Selasar Sunaryo Art Space

 

 

Durasi Pameran:

7 – 21 Juli 2013

Di Bale Tonggoh – Selasar Sunaryo Art Space

Jalan Bukit Pakar Timur  No. 100

Bandung 40198

Sahabat Kota (SK) bekerja sama dengan Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) dan Bandung Creative City Forum (BCCF) dengan bangga mempersembahkan Pameran Proyeksi Bandung 2035, Kota Impian Anak-anak yang merupakan presentasi dari rangkaian program liburan anak-anak Riung Gunung; Mari Reka Kota.

Riung Gunung; Mari Reka Kota adalah sebuah gagasan untuk menampilkan suara warga kota yang dalam perencanaan kota masih jarang didengarkan, yaitu anak-anak, dalam bentuk miniatur kota Bandung impiannya di masa depan. Mengingat dalam 20 hingga 30 tahun ke depan kota ini akan dipimpin oleh anak-anak generasi masa sekarang, menjadi krusial bagi mereka untuk mengenal dan menjadi agen perubahan bagi kotanya. Gagasan ini diimplementasikan dengan kegiatan liburan 6 hari yang dirancang oleh Sahabat Kota untuk anak usia 8 – 12 tahun yang terdiri atas kegiatan jelajah dan workshop yang diakhiri dengan pertunjukan dan pameran miniatur Kota Bandung impian anak.

Pameran Proyeksi Bandung 2035 diharapkan menjadi perhelatan yang inspiratif bagi warga kota pada umumnya dan warga Bandung pada khususnya, untuk menunjukkan sudut pandang baru dalam melihat kotanya.

Riung Gunung: Mari Reka Kota merupakan rangkaian program liburan tahunan Sahabat Kota yang tahun ini menjadi tajuk Selasar Kids Program tahun ini. Kegiatan workshop, pertunjukan dan pameran akan diselenggarakan di Bale Handap (workshop) dan Bale Tonggoh (workshop dan pameran), Selasar Sunaryo Art Space.

Riung Gunung juga menjadi salah satu pre-event dalam rangkaian program Design Action dari BCCF, yang merupakan konferensi internasional kedua dalam hal Design Thinking yang akan diadakan di bulan Oktober 2013.  Dalam acara Design Action, Riung Gunung  mengambil tema ‘Children as Co-Designer’.

Advertisements

About sahabat kota

Sahabat Kota adalah sebuah organisasi nirlaba yang bekerja bersama kaum muda lokal untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak dalam konteks lingkungan kota. Pada tahun 2007, Sahabat Kota mulai dirintis oleh 6 orang pemuda dari Bandung. Saat itu kegiatan pertama Sahabat Kota adalah mengisi libur panjang anak-anak menjadi Petualangan Jelajah Kota yang seru. Anak diajak untuk mengeksplorasi kota, dan mengambil peran aktif untuk menciptakan lingkungan yang ramah bagi mereka. Kami percaya bahwa anak-anak belajar paling baik dari lingkungan hidup mereka, yang berarti kota itu sendiri. Hidup selaras dan berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun sosial, akan memberikan pembelajaran berharga bagi perkembangan fisik dan karakter anak. Karena itu menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal merupakan kewajiban seluruh warga kota, termasuk kaum muda. Sahabat Kota dengan gerakan COME OUT & PLAY nya aktif mengajak adik-adik untuk belajar dan bermain di ruang kota dengan program-program utama, yaitu Kidsventure Club, ALUN ULIN, dan Sahabat Kota SUMMER CAMP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: